KPP Pratama Targetkan 7500 WP Lapor SPT Melalui E-Filing

Tahun pajak 2016 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpandan menargetkan 7500 Wajib Pajak (WP) melalui e-Filing.

KPP Pratama Targetkan 7500 WP Lapor SPT Melalui E-Filing
Pos Belitung/Krisyanidayati
Caption : Wajib Pajak yang melaporkan SPT melalui e-Filing di lantai dua KPP Pratama Tanjungpandan, Jum'at (17/3/2017). Pos Belitung/Krisyanidayati. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Krisyanidayati

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Tahun pajak 2016 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpandan menargetkan 7500 Wajib Pajak (WP) melalui e-Filing.

E-Filing ialah salah satu cara pelaporan SPT Tahunan PPh elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui laman DJP Online atau https://djponline.pajak.go.id

"Sejak tahun pajak 2015 ASN, TNI, Polri wajib lapor SPT melalui e-filing. Target kita juga ikut meningkat dengan adanya kewajiban itu, tahun ini kita menargetkan 7500 WP lapor SPT melalui e-filing," kata kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Tanjungpandan, Punjung Raras, kepada Pos Belitung, Jum'at (17/3/2017).

Baca: Hobi Selfie? Yuk Ikuti Kontes Selfieling KPP Pratama Tanjungpandan

Ia membeberkan saat ini sudah 3.300 WP yang melaporkan SPT melalui e-feling. Pihaknya optimis bisa mencapai target tersebut, pasalnya ia menilai animo WP untuk menggunakan e-Feling sudah semakin besar.

"Target kita 7500 itu untuk satu tahun, tapi kalau untuk triwulan pertama ini kita ditargetkan cuma 5000 dan sekarang kita sudah tercapai 3300. Momentnya kan ini bulan-bulan ini karena pelaporan SPT, semoga bisa mencapai targetnya karena kita juga sudah sosialisasi di media cetak, elektronik maupun sosialisasi langsung e-filing ini," katanya.

Punjung mengatakan pihaknya juga menyediakan layanan komputer dan petugas untuk membantu WP yang melaporkan SPT melalui e-feling. Ia mengatakan pelaporan e-filing memilik berbagai manfaat.

"Dilantai dua itu ada perangkat komputer dan jaringan internet yang sudah kami siapkan, bagi yang mau e-filing bisa kesana. Sebenarnya e-filing ini juga dilakukan menggunakan smartphone. Asal ada jaringan internet saja," katanya.

Ia mengatakan usahawan juga bisa melakukan pelporan SPT melalu e-filing.
"Usahawan bisa menggunakan e-filling tapi metode saat ini hanya upload di SPT, dia offline kalau udah jadi baru diupload dan di submit," katanya.

Sementara itu, Kasi seksi pemeriksaan KPP Pratama Tanjungpandan, Rina Setiyani mengatakan layanan e-feling untuk mempermudah WP dalam pelaporan perpajakan.

"Ketika WP itu sudah punya EPIN dia bisa laporkan dimanapun selagi ada jaringan, kita kan gak hanya ditanjungpandan aja tapi kita juga KP2KP di Manggar. Manggar juga jaringannya bagus, jadi mereka gak perlu lagi datang kesini," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved