Breaking News:

Jangan Abaikan Wasir, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diperkirakan sebanyak 50 % dari populasi yang berumur lebih dari 50 tahun menderita hemoroid derajat sedang hingga berat.

Editor: Edy Yusmanto
net
Penderita wasir atau ambeien 

POSBELITUNG.COM, JAKARTA - Hemoroid atau lebih dikenal dengan nama wasir atau ambeien, berasal dari kata ''haima'' dan ''rheo''.

Dalam dunia kedokteran berarti pelebaran pembuluh darah vena (pembuluh darah balik) di dalam pleksus hemorrhoidalis yang ada di daerah anus.

Kondisi ini muncul saat terjadi peningkatan tekanan pembuluh darah vena disekitar pinggang, karena konstipasi, kebiasaan mengejan saat buang air besar, kelebihan berat badan serta kehamilan.

Dikatakan oleh dr Firdaus SpB, Dokter Spesials Bedah Klinik Rumah Wasir, tekanan yang terus menerus tersebut selanjutnya melemahkan jaringan pendukung pembuluh darah di sekitar anus, serta mengakibatkan pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah.

"Jika pembengkakan terjadi di dalam disebut sebagai wasir interna dan jika pembekakan pembuluh darah terjadi di luar sekitar anus disebut sebagai wasir eksternal,' kata Firdaus di Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Diperkirakan sebanyak 50 % dari populasi yang berumur lebih dari 50 tahun menderita hemoroid derajat sedang hingga berat.

Pada kasus yang berat, perdarahan lebih mungkin terjadi, terutama saat buang air besar, perdarahan ini selanjutnya mengakibatkan masalah kesehatan lain berupa nyeri dan anemia.

Nyeri sering muncul saat penderita wasir duduk, atau saat buang air besar, ini terjadi terutama pada penderita wasir derajat sedang hingga berat yang disertai perdarahan.

Atau pada penderita wasir internal yang mengalami prolaps, namun prolaps tersebut terjepit di spingter (bantalan anus) setelah buang air besar.

“Cepitan inilah yang kemudian menimbulkan sensasi nyeri karena airan darah terhenti,” jelas dr. Firdaus. Hal ini dikuatkan oleh penelitian yang dilakukan Isselbacher tahun 2000, yang menyebutkan bahwa prolaps yang sudah terinfeksi akan menimbulkan rasa nyeri yang hebat dan akan terjadi pendarahan yang banyak.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved