Breaking News:

Kepala DKP Belitung Tegaskan Tak Pernah Berikan Rekomendasi Tambang Laut

Hal ini dikarenakan Kabupaten Belitung tengah fokus pengembangan pariwisata dan perikanan tangkap bagi nelayan.

internet
Diduga zonasi wilayah pertambangan laut yang ada pada peta yang diusulkan melalui RZWP3K Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Destika Effenly menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah memberikan rekomendasi ataupun usulan terkait penambangan laut di wilayahnya.

Hal ini dikarenakan Kabupaten Belitung tengah fokus pengembangan pariwisata dan perikanan tangkap bagi nelayan.

"Kami sesuai instruksi Bupati bahwa tidak ada peluang bagi tambang laut. Intinya kami juga tidak pernah memberikan rekomendasi apapun terkait itu," ujar Destika saat dihubungi posbelitung.com, Rabu (8/11/2017).

Terkait dengan beredarnya foto peta Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K), dirinya mengatakan draft tersebut baru masuk tahap awal.

Oleh sebab itu, kata dia, Bupati beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tetap berkomitmen untuk menolak segala bentuk tambang laut.

Mengenai peta IUP laut yang terlihat, kata dia, merupakan peta eksplorasi yang memang sudah habis masa berlakunya dan Bupati sudah meminta pihak konsultan mencabut dari peta saat focus group disscusions Agustus lalu di Bappeda.

Menurutnya, hingga saat ini pihak Provinsi Kepulauan Babel masih menggelar rapat teknis membahas tentang penyusunan dokumen RZWP3K itu.

"Itu kan masih draft awal belum final dan kami tetap akan memperjuangkan bahwa laut Belitung bebas tambang," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved