Jumlah Penduduk Bumi saat Ini Mencapai 7,6 Miliar, Simak Kajian Ini

Manusia adalah jenis mamalia besar dengan jumlah populasi terbanyak di Bumi saat ini dan mungkin dalam semua

Jumlah Penduduk Bumi saat Ini Mencapai 7,6 Miliar, Simak Kajian Ini
Istimewa
Ilustrasi 

POSBELITUNG.CO - Manusia adalah jenis mamalia besar dengan jumlah populasi terbanyak di Bumi saat ini dan mungkin dalam semua sejarah geologi.

Saat Hari Populasi Dunia 11 Juli lalu, manusia berjumlah sekitar 7,5 sampai 7,6 miliar individu.

Dapatkah Bumi menjadi tempat tinggal bagi banyak orang dengan jumlah tak terbatas? Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan apa pun untuk mengelola pertumbuhan populasi di masa depan dan menggunakan sumber daya keseluruhan?

Pertanyaan-pertanyaan kompleks ini bersifat ekologis, politis, etis – dan mendesak. Hitungan matematika sederhana akan memberikan jawaban dan membantu kita memahami jejak rekam ekologis spesies kita.

Matematika pertumbuhan penduduk

Dalam suatu lingkungan dengan sumber daya alam tak terbatas, jumlah populasi tumbuh secara eksponensial. Salah satu ciri karakter pertumbuhan eksponensial adalah waktu yang diperlukan populasi untuk melipatgandakan jumlahnya.

Dulu perlu 127 tahun bagi penduduk dunia untuk mendobelkan dari satu miliar menjadi dua miliar. Sebaliknya, hanya perlu 47 tahun, dari 1927 ke 1974, untuk melipatgandakan dari dua menjadi empat miliar.

Sejak 1960, populasi dunia telah bertambah sekitar satu miliar setiap 13 tahun. Masing-masing titik menggambarkan tambahan satu miliar orang.

Pertumbuhan eksponensial cenderung mulai secara pelan, bertumbah secara perlahan sebelum meledak beberapa kali lipat.

Halaman
1234
Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved