Lion Air Jatuh

Buku Yasin Ditemukan di Kedalaman 35 Meter

Ditemukan surat Yasin di lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT610 atau PK-LQP. Temuan membuat banyak orang

Editor: Edy Yusmanto
Lion Air
Ilustrasi Lion Air 

POSBELITUNG.CO, KARAWANG - Tak hanya bagian-bagian tubuh penumpang dan puing-puing pesawat Lion Air PK-LQP yang berhasil ditemukan.

Namun ada juga banyak sekali barang-barang lain yang ditemukan dari hasil evakuasi.

Satu di antaranya temuan Surat Yasin yang didapatkan tim penyelam gabungan saat menyisir lautan Karawang, Jawa Barat.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, saat melakukan penyisiran, penyelam dari Polri menemukan sejumlah barang milik penumpang.

"Tadi pagi, kita nyelam dapat lima baju. Kemudian dapat seat belt, ada (buku) Yasin," kata Dedi di Perairan Karawang, Jawa Barat, Jumat (2/11/2018).

Yasin ditemukan dalam kondisi utuh, meski terlihat lecek di beberapa bagian. Tampak tulisan berbahasa Arab warna hitam masih terang, dengan warna dasar kertas hijau muda.

Dedi berujar, Polri mengerahkan 18 penyelam dalam operasi pencarian itu. Dengan kedalaman 35 meter, waktu untuk menyelam sekitar 15 menit jika memang situasi di lokasi dalam kondisi bagus.

"Kalau lebih dari 15 menit membahayakan keselamatan penyelam," ujar Dedi.

Satu tim bisa diturunkan empat penyelam, dan langsung menyebar di bawah air. Di titik tertentu, dua penyelam turun, setelah 15 menit bergantian dengan dua penyelam yang berada di atas.

"Sedikit lebih sulit dibanding dari kemarin. Arus bawah, arus atas, cukup kuat. Kemarin arus atas ke timur, arus bawah ke barat. Jadi itu salah satu penyebab penyelam kita kesulitan," tutur Dedi.

Santunan Miliaran

Pakar hukum pidana, Edwin, mengatakan ahli waris korban kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP berhak menerima santunan dari pihak maskapai Lion Air.

Menurut Edwin, sesuai Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, maskapai memiliki tanggung jawab secara penuh terhadap ahli waris para korban.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara diatur mengenai Jenis Tanggung Jawab Pengangkut dan Besaran Ganti Kerugian.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved