Begini Sejarah Berdirinya BNN di Indonesia dan Perkembangannya dalam Memberantas Narkoba

Sejarah Berdirinya BNN di Indonesia, dan Perkembangannya dalam Memberantas Narkoba

Begini Sejarah Berdirinya BNN di Indonesia dan Perkembangannya dalam Memberantas Narkoba
sanovra/tribuntimur.com
Petugas BNN melakukan pemusnahan narkoba 

POSBELITUNG.CO - Penyebaran narkoba dengan cara black market, menunjukkan semakin meningkatnya tingkat kriminalitas.

Hal tersebut dapat mempengaruhi keberlangsungan dan kehidupan seseorang.

Di Indonesia, sebuah badan yang bertugas untuk menanggulangi kasus-kasus seseorang yang telah menggunakan narkoba adalah Badan Narkotika Nasional (BNN).

Taukah kamu, kapan BNN ini berdiri?

Dilansir dari wikipedia, sejarah penanggulangan bahaya Narkotika dan kelembagaannya di Indonesia dimulai tahun 1971 pada saat dikeluarkannya Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 6 Tahun 1971 kepada Kepala Badan Koordinasi Intelijen Nasional (BAKIN) untuk menanggulangi 6 permasalahan nasional yang menonjol,

yaitu pemberantasan uang palsu, penanggulangan penyalahgunaan narkoba, penanggulangan penyelundupan, penanggulangan kenakalan remaja, penanggulangan subversi, pengawasan orang asing.

Bakolak Dibentuk 1971

Berdasarkan Inpres tersebut Kepala BAKIN membentuk Bakolak Inpres Tahun 1971 yang salah satu tugas dan fungsinya adalah menanggulangi bahaya narkoba.

Bakolak Inpres adalah sebuah badan koordinasi kecil yang beranggotakan wakil-wakil dari Departemen Kesehatan, Departemen Sosial, Departemen Luar Negeri, Kejaksaan Agung, dan lain-lain, yang berada di bawah komando dan bertanggung jawab kepada Kepala BAKIN.

Badan ini tidak mempunyai wewenang operasional dan tidak mendapat alokasi anggaran sendiri dari ABPN melainkan disediakan berdasarkan kebijakan internal BAKIN.

Halaman
1234
Editor: tidakada016
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved