Ini Penyebab Napas Tak Sedap Saat Bangun Tidur, Begini Cara Mengatasinya

Ketika bangun tidur, rasanya napas enggak enak banget alias bau. Atau sering dikenal dengan istilah bau naga.

Ini Penyebab Napas Tak Sedap Saat Bangun Tidur, Begini Cara Mengatasinya
grid.id
Napas tak Sedap 

POSBELITUNG.CO - Ketika bangun tidur, rasanya napas enggak enak banget alias bau. Atau sering dikenal dengan istilah bau naga.

Yuk cari tahu penyebab napas bau naga setelah bangun tidur ini.

Produksi Air Liur Berkurang 

Perlu diketahui bahwa sebagian besar napas bau saat pagi hari terjadi karena produksi air liur saat tidur berkurang, kata Mazen Natour, D.M.D., seorang prostodontis yang tinggal di Manhattan, New York.

Air liur berfungsi membersihkan bakteri penyebab bau mulut. Ketika produksi air liur bekurang, maka bakteri penyebab bau mulut cepat berlipat ganda.

Jadi, semakin kering mulut, makin tinggi kesempatan memiliki bau naga di pagi hari.

 Bernapas melalui mulut, mendengkur, dan menggunakan obat tertentu juga dapat menyebabkan kekeringan—sehingga membuat napas pagi menjadi lebih buruk.

Tanda yang Harus Diperhatikan 

Dalam kebanyakan kasus, bau naga tidak perlu dikhawatirkan. Namun ada kondisi tertentu di mana bau mulut yang luar biasa bisa mengindikasikan masalah kesehatan. Kondisi ini pertanda penyakit infeksi gusi, yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke.

Di sisi lain, bau mulut yang memburuk mengindikasikan adanya infeksi seperti abses atau masalah gastrointestinal seperti GERD, kata Natour. Konsultasikan dengan dokter jika napas tiba-tiba berbau busuk lebih dari biasanya.

Halaman
12
Editor: tidakada016
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved