Forum Anak Bangka Belitung Sebagai Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak

Forum anak tingkat provinsi ini, merupakan bagian dari seleksi untuk mencari perwakilan mengikuti forum anak tingkat Nasional.

Forum Anak Bangka Belitung Sebagai Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak
Pos Belitung/Disa Aryandi
Kegiatan Forum Anak Tingkat Provinsi Bangka Belitung di Hotel Golden Tulip Tanjungpandan, Kamis (25/4/2019) malam. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - 70 anak perwakilan kabupaten dan kota di Bangka Belitung mengikuti kegiatan Forum Anak Bangka Belitung di Hotel Golden Tulip Tanjungpandan, Belitung, Kamis (25/4/2019) malam.

Kegiatan ini dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Bangka Belitung.

Forum anak tingkat provinsi ini, merupakan bagian dari seleksi untuk mencari perwakilan mengikuti forum anak tingkat Nasional.

Satu orang setiap Kabupaten/Kota, akan terpilih dan bertemu 514 anak di seluruh Indonesia pada puncuk Hari Anak Nasional bulan Juli 2019 mendatang. 

"Tahun ini kami langsungkan di Belitung dan ini bagian dari kegiatan perlindungan terhadap anak. Ini juga upaya-upaya untuk memenuhi hak-hak anak, hak hidup mereka, hak tumbuh berkembang dan hak partisipasi," kata Kepala Dinas P3ACSKB Provinsi Bangka Belitung Susanti kepada Posbelitung.co, Kamis (25/4/2019) malam.

Susanti menegaskan Forum Anak Bangka Belitung merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mencegah kekerasan terhadap anak.

Taat,bertanggung jawab, beragama, disiplin, bekerjasama, visioner,komunikatif,empati, dan adil merupakan  bagian dari penilaian terhadap 70 orang anak. Terdapat tujuh orang mentor yang membimbing mereka.

"Mereka berkumpul disini filosofinya sebagai anak Bangka Belitung, dan akan menjadi utusan kami ditingkat nasional nanti. Nanti setelah dinilai oleh tim, akan keluar siapa yang terbaik dari yang terbaik untuk dikirim ke nasional," ujarnya.

"Tentu potensi anak itu juga kami gali, agar mereka bisa berperan untuk pembangunan anak itu sendiri. Karena anak boleh berpendapat, boleh memberi saran-saran kepada pemerintah untuk pembangunan terhadap dirinya. Forum anak ini, suatu wadah yang dibentuk pemerintah dari tingkat pusat sampai ke desa," kata Susanti.

 (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved