Honorer di Belitung Diusulkan Terima Jamsos BPJS

Belum bisa dipastikan usulan tersebut akan disetujui atau tidak oleh kepala daerah maupun lembaga legislatif.

Honorer di Belitung Diusulkan Terima Jamsos BPJS
Pos Belitung/Disa Aryandi
Adnizar 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan (Diskoperdag dan neker) Kabupaten Belitung, sekarang sedang mendorong pekerja lepas atau honorer di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung untuk mendapatkan jaminan sosial (jamsos).

Jamsos tersebut, BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan. Lantaran pekerja lepas hingga kini belum mendapatkan jamsos dan rencana akan menggunakan APBD Kabupaten Belitung. Namun saat ini, persoalan tersebut sedang dalam pembahasan awal.

"Kami masih menghitung anggaran yang dibutuhkan, Insya Allah nanti kami dalam waktu dekat ini sudah menyiapkan untuk mendorong persoalan ini. Agar teman - teman pekerja lepas atau honorer ini bisa terlindung oleh jaminan sosial," ungkap Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung Adnizar kepada Posbelitung.co, Rabu (1/5/2019).

Belum bisa dipastikan usulan tersebut akan disetujui atau tidak oleh kepala daerah maupun lembaga legislatif. Namun sebelumnya sudah pernah dilakukan pembicaraan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lain dan pihak BPJS.

"Memang kategorinya untuk pekerja lepas itu. Mudah-mudahan ini cepat bisa terealisasi, karena walau bagaimana pun mereka bagian dari tenaga kerja. Walau ada BPJS PBI, tetap harus dan kemungkinan memang masuk ke PBI juga," ucap Adnizar.

Lanjut Adnizar, jamsos yang sedang diusahakan oleh mereka adalah dua kategori yaitu Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Semuanya sudah dibicarakan, tinggal menunggu  kemampuan keuangan daerah.

"Yang perlu diketahui adanya jaminan sosial itu nanti, tidak memotong upah yang diterima honorer sekarang ini. Ya hitungan kemarin itu, memang rencana PBI karena program pemerintah daerah," ujarnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved