Aktivitas Tambang di Dusun Air Buntar Masih Kawasan IUP PT Timah‎

Berdasarkan hasil pengecekan, ternyata kawasan yang dimaksud masih termasuk dalam IUP PT Timah dengan luasan 1307 DU 1569 C1

Aktivitas Tambang di Dusun Air Buntar Masih Kawasan IUP PT Timah‎
IST/dok Satreskrim Polres Belitung
Rombongan Unit Tipiter Satreskrim Polres Belitung dan perwakilan PT Timah mengecek aktifitas penambangan di Dusun Air Buntar, Desa Membalong, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Minggu (19/5/2019). 

POSBELITUNG.CO - Jajaran Unit Tipiter Satreskrim Polres Belitung bersama Asisten Pengawas Tambang PT Timah melakukan pengecekan kegiatan penambangan timah yang diduga membabat kawasan hutan lindung di Dusun Air Buntar, Desa Membalong, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Minggu (19/5/2019).

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Belitung AKP Erwan Yudha Perkasa itu menindaklanjuti pemberitaan dari media daring lokal terkait adanya aktivitas tambang di kawasan HL.

Berdasarkan hasil pengecekan, ternyata kawasan yang dimaksud masih termasuk dalam IUP PT Timah dengan luasan 1307 DU 1569 C1‎ dan koordinat X:798889 Y: 965995.

"Kami menindaklanjuti adanya pemberitaan dari media yang menyebutkan adanya kegiatan tambang di kawasan HL. Tapi hasilnya kawasan itu masih masih masuk area IUP PT Timah, tadi sudah dicek," ujar Kasat Reskrim Polres Belitung AKP Erwan Yudha Perkasa.

Meskipun demikian, dirinya tak menampik masih terdapat oknum yang melakukan penambangan di area tersebut tanpa dilengkapi Surat Perintah Kerja (SPK) dari PT Timah.

Sehingga kegiatan dihentikan oleh perwakilan PT Timah yang ikut dalam kegiatan tersebut dan diarahkan untuk mengajukan SPK sebelum melakukan kegiatan penambangan.

"Jadi karena tidak ada SPK jadi diberhentikan oleh PT Timah. Menurut mereka sudah diberikan teguran dan nanti diarahkan cara mengajukan perijinannya," kata Erwan.

Menurutnya jajaran Polres Belitung tetap akan terus memantau kegiatan tambang di daearah tersebut. Jika nanti masih ditemukan oknum yang menambang tanpa SPK maka akan dilakukan upaya penegakkan hukum.

Selain itu, dirinya melarang seluruh masyarakat yang berada di sekitar lokasi untuk‎ tidak melakukan aktifitas penambangan di kawasan HL.

"Kami tetap akan memantau aktifitas itu, kalau ada yang membandel tetap akan dilakukan upaya penegakan hukum," katanya.

(Posbelitung/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved