Breaking News:

LSI Umumkan Nama Tokoh yang Mungkin Jadi Capres 2024 dan Pengaruh Jokowi jadi Faktor Penting

"Kita tahu bahwa Jokowi effect memang punya pengaruh tersendiri, baik sebagai endorser the next president di 2024," kata Rully.

Capture Facebook Presiden Joko Widodo
Jokowi di GBK 

LSI Umumkan Nama Tokoh yang Mungkin Jadi Capres 2024, Sebut Dukungan Jokowi jadi Faktor Penting

POSBELITUNG.CO - LSI Denny JA menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki pengaruh untuk menentukan siapa yang nantinya akan menjadi calon presiden dalam Pemilu 2024 mendatang.

Diberitakan TribunWow.com dari Kompas.com, hal tersebut disampaikan peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar dalam konferensi pers di Kantor LSI, Selasa (2/7/2019) siang.

"Kita tahu bahwa Jokowi effect memang punya pengaruh tersendiri, baik sebagai endorser the next president di 2024," kata Rully.

Menurut Rully, sebagai presiden dua periode, dukungan Jokowi tentu dapat memuluskan langkah kandidat capres dalam kontestasi politik di 2024 itu.

Pasalnya, Jokowi tentu memiliki karismanya tersendiri dan pemilih loyal. 

"Kita tidak bisa menafikan bahwa Jokowi adalah presiden dua periode. Jadi tidak mungkin dia tidak punya karisma tersendiri atau pemilih loyal yang dimiliki selama dua periode ini," kata Rully.

Namun, Rully menegaskan, peran partai politik juga menjadi hal yang penting di luar dukungan yang diberikan Jokowi.

Hal ini dikarenakan, jelas Rully, tiket untuk dapat berlaga di Pilpres 2024 ini akan sangat ditentukan oleh dukungan dari partai politik.

"Partai politik juga tidak kalah besar efeknya. Kita tahu bahwa untuk maju sebagai presiden mau tidak mau mereka harus melalui jalur partai politik sebagai kendaraannya," ujar Rully.

Halaman
12
Editor: Teddy Malaka
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved