Kominfo Akan Blokir Aplikasi VPN Yang Tak Sesuai Regulasi

Aplikasi VPN sering dipergunakan banyak orang untuk menembus blokiran di browser. VPN sendiri memiliki cara kerja yaitu mengalihkan jaringan internet

Kominfo Akan Blokir Aplikasi VPN Yang Tak Sesuai Regulasi
vpnpro
Ilustrasi menggunakan VPN dan bahaya menggunakan VPN 

POSBELITUNG.CO- Aplikasi VPN sering dipergunakan banyak orang untuk menembus blokiran di browser.

VPN sendiri memiliki cara kerja yaitu mengalihkan jaringan internet ke server VPN yang bertugas untuk meneruskan koneksi ke situs yang ingin diakses.

Jadi koneksi yang kamu lakukan akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan provider tertentu yang kamu gunakan.

Maraknya penggunaan aplikasi tersebut, membuatKominfo memiliki rencana untuk mengatur peredaran aplikasiVPN di Indonesia.

Dilansir dari KompasTekno, Menurut Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Pangerapan, Kominfo tidak akan ragu memblokir VPNyang tidak memiliki izin di Indonesia.

Pria yang akrab disapa Semmy itu mengatakan bahwa layananVPN di Indonesia harus memiliki izin, karena merupakan salah satu fitur dari penyedia jasa internet (ISP).

Menurutnya, setiap penyedia layanan yang dapat membuat seseorang terhubung ke internet, butuh izin untuk digunakan di Indonesia.

"Aturannya ya harus izin. VPN itu masuk ke dalam ISP (internet service provider), dia kan ngasih koneksi internet, makanya pengguna bisa tersambung ke server-nya (VPN). Dengan siapa pun, tinggal diblok kalau tidak ada izin," kata Semmy.

Semuel menegaskan, aplikasi VPN gratis yang beredar di toko aplikasi pun harus taat dengan aturan ini.

Jika tidak, Kominfo akan memblokir aplikasi tersebut dan tidak akan bisa beroperasi di Tanah Air.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved