Wiki Belitung

Wow Batu Granit di Bukit Banitan Ini Terlihat Unik, Seperti Ada Lem di Antara Bebatuan

Apabila melakukan perjalanan ke Negeri Laskar Pelangi, tentu akan menjumpai berbagai bebatuan granit yang berada di pesisir pantai.

Wow Batu Granit di Bukit Banitan Ini Terlihat Unik, Seperti Ada Lem di Antara Bebatuan
Posbelitung/Disa Aryandi
Batu yang disebut Balancing Rock. 

POSBELITUNG.CO-- Apabila melakukan perjalanan ke Negeri Laskar Pelangi, tentu akan menjumpai berbagai bebatuan granit yang berada di pesisir pantai. Bebatuan tersebut, sekilas dilihat dengan mata telanjang, seperti tersusun dan membuat bentuk yang diluar akal manusia. Seperti salah satu batu granit yang ada di Bukit Banitan.

Batu berukuran besar tersebut, merupakan salah satu destinasi yang cukup menarik di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Destinasi ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh masyarakat lokal, wisatawan maupun
penggiat alam bebas, lantaran memiliki daya tarik tersendiri dan tentunya ketika tiba di puncak, akan memanjakan mata.

Batu yang di sebut Balancing Rock, terlihat tidak menyatu dengan batu banitan yang ada dibawahnya.
Batu yang di sebut Balancing Rock, terlihat tidak menyatu dengan batu banitan yang ada dibawahnya. (Posbelitung/Disa Aryandi)

Ada batu besar yang luar biasa, namun ada pula satu bebatuan yang terlihat aneh untuk dipandang oleh pengunjung. Secara logika batu sebesar ini pasti akan jatuh bila melihat, lantaran minimnya sisi dudukannya. Namun pada kenyataan batu ini tetap berdiri tegap, dan tidak tergoyahkan sedikit pun.

Gabungan Pecinta Alam Belitong (Gapabel) menyebut batu tersebut adalah Balancing Rock. Sedangkan warga sekitar menyebutkan nama batu tersebut dengan nama Batu Banitan.

Pada bagian atas Bukit Batu Banitan inilah terletak batu Balancing
Rock tersebut. Bentuknya oval dan tidak menyatu pada bagian Bukit Batu
Banitan.

Bukit Batu Banitan yang terlihat kokoh apabila dilihat dari bawah.
Bukit Batu Banitan yang terlihat kokoh apabila dilihat dari bawah. (Posbelitung/Disa Aryandi)

Hanya saja, ada jarak kurang dari satu meter terlihat ada seperti lem perekat yang terlindung oleh pasir, berada di antar sisi bebatuan ini. Anehnya, posisi batu ini sepenuhnya miring.

Mungkin ini yang membuat pengunjung menamainya Balancing Rock. Karena memang keseimbangan batu besar ini memang di luar logika. Tidak ada yang menopang dan pondasinya pun hanya seluas kurang lebih satu meter persegi.

Bagi yang berminat ingin mengunjungi batu ini, lokasinya berada sekitar 14 kilometer dari Kota Tanjungpandan. Tepatnya berada 200 meter dari pinggir Jalan Ranati, Dusun Aik Gelarak, Desa Air Selumat, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Bukit Batu Banitan adalah sebuah batu granit berukuran super besar setinggi 100 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Jalan Aspal yang terlihat dari bukit batu Banitan. Pos Belitung/Disa Aryandi
Jalan Aspal yang terlihat dari bukit batu Banitan. Pos Belitung/Disa Aryandi (Posbelitung/Disa Aryandi)

Akses untuk menuju lokasi ini sangat mudah. Jalan aspalnya mulus sehingga bisa menggunaan kendaraan apa pun, baik mobil maupun sepeda motor. Namun ketika tiba di pinggir aspal, tidak jauh dari lokasi Batu Banitan tersebut, apabila pengunjung menggunakan mobil, maka harus memarkirkan kendaraan di pinggir jalan.

Namun bagi pengunjung yang naik sepeda motor, bisa memarkirkan kendaraan lebih mendekat yakni sekitar 50 meter dari Bukit Banitan tersebut. Setelah itu, kalian bisa menjangkau batu unik itu dengan berjalan kaki
dan menyisir punggung Bukit Banitan.

Kemudian, pengunjung harus sedikit menaiki tanjakan sekitar 10 meter. Bukit yang 100 persen batu granit ini sangat cocok untuk berlibur, kemping, haiking maupun olahraga rock climbingn atau hanya sekedar
untuk berfoto - foto. Bukit satu ini terbilang masih cukup alami, lantaran belum tersentuh penataan nya oleh masyarakat lokal maupun  Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Belitung.

Bila pengunjung sudah berada dibagian puncak untuk melihat keunikan batu Balancing Rock, dan menikmati keunikan tersebut, pengunjung juga bisa memanjakan mata dengan menikmati keindahan pesisir Pantai Tanjung Tinggi dari kejuahan. Selain itu pula, dari tempat ini pula bisa melihat Pulau Lengkuas berikut dengan mercusuar nya.

Kalau ingin menuju destinasi ini jangan lupa membawa berbagai perlengkapan dan persiapan :
- Menggunakan sepatu atau minimal sandal untuk di Gunung/bukit
- Membawa bekal yaitu makanan dan minuman
- Membawa kamera
- Membawa tali atau webbing. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved