WIKI BELITUNG

WIKI BELITUNG Pulau Kalimuak, Banyak Peninggalan Sejarah Warga Thiong Hoa dan Makan Tua Islam

Pulau Kalimuak menyimpan berbagai keunikan dan peninggalan sejarah, Untuk menempuh ke pulau ini, kalian harus menyewa kapal boad

WIKI BELITUNG Pulau Kalimuak, Banyak Peninggalan Sejarah Warga Thiong Hoa dan Makan Tua Islam
posbelitung.co/Disa Aryandi
Kondisi Pulau Kalimuak Tanjungpandan, Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bagi pecinta traveling atau penggiat alam bebas, ada sebuah pulau kecil di Kabupaten Belitung menjadi sebuah pilihan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman). Pulau tersebut sangat dekat dengan pesisir Kota Tanjungpandan Belitung.

Apabila dilihat dari Pantai Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, secara kasat mata bisa terlihat sangat jelas sekali. Sebaliknya apabila kalian melihat sisi kota Tanjungpandan, sangat indah dilihat dari pulau tersebut.

Pulau ini menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan saat berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi. Namun untuk menuju ke Pulau ini, kalian harus menggunakan kapal boad karena melewati laut.

Nama pulau ini adalah Pulau Kalimuak. Pulau ini masuk dalam letak geografis Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan. Apabila dilihat sepintas, pulau ini tidak ada perbedaan seperti pulau-pulau lainnya. Tapi menyimpan berbagai keunikan dan peninggalan sejarah.

Kondisi Pulau Kalimuak Tanjungpandan, Belitung.
Kondisi Pulau Kalimuak Tanjungpandan, Belitung. (posbelitung.co/Disa Aryandi)

Untuk menempuh ke pulau ini, kalian harus menyewa kapal boad lantaran tidak ada transportasi lain. Tidak menghabiskan banyak waktu untuk menempuh pulau ini  dari pelabuhan Tanjungpandan atau dari pelabuhan menunu ke Juru Seberang hanya sekitar 15 menit saja.

Terdapat cara lain untuk menuju pulau ini sebetulnya, namun memiliki sedikit resiko. Caranya menunggu air laut surut sangat jauh dan kalian bisa menempuh perjalan dengan berjalan kaki, namun itu harus dilakukan dari lokasi HKm Juru Seberang. Apabila air laut sudah mulai naik, kalian harus segera kembali lagi.

Pulau Kalimuak sudah memiliki dermaga, kali pertama masuk tentu kalian akan disuguhi dengan pemandangan gapura yang cukup besar bernuansa Thiong Hoa. Dibagian samping kanan dari gapura tersebut akan terlihat sebuah gazibu yang dilengkapi dengan meja dan kursi.

Gapura bernuansa Thiong Hoa di Pulau Kalimuak
Gapura bernuansa Thiong Hoa di Pulau Kalimuak (Desa Aryandi)

Bukan hanya disitu saja kalian bisa melihat keunikan dari Pulau ini, tapi ada anak tangga sebagai sarana untuk naik ke bagian bukit yang tidak begitu tinggi. Anak tangga tersebut mengarahkan kalian kepada sebuah pondopo berwarna putih yang dilengkapi dengan kelambu putih.

Ada benda seperti tabung berbahan beton di bagian tengah pendopo tersebut, yang memiliki ketinggian sekitar 70 sentimeter dan diameter 60 sentimeter. Benda tersebut dibalut dengan kain hitam, belum bisa dipastikan benda tersebut apa.

Namun, dipercayai oleh sebagian warga Thiong Hoa asal Belitong, benda tersebut adalah benda yang dikeramatkan. Sebab di antara benda tersebut terdapat dupa yang untuk warga Thiong Hoa sembayang. Konon barang siapa berhasil memeluk keramat tersebut maka permohonannya bakal terkabul.

Benda Keramat di Pulau Kalimuak
Benda Keramat di Pulau Kalimuak (posbelitung.co/Disa Aryandi)
Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved