Berita Belitung

Alami Perubahan Cuaca, Kondisi Jemaah Haji Belitung Mengalami Sakit Batuk dan Pilek

Kondisi jemaah haji saat mereka menunaikan rangkaian ibadah haji di tanah suci Mekkah, mengalami batuk dan pilek akibat perubahan cuaca

Alami Perubahan Cuaca, Kondisi Jemaah Haji Belitung Mengalami Sakit Batuk dan Pilek
Posbelitung/Yuranda
Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Suyanto 

POSBELITUNG.CO-- Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Suyanto menceritakan kondisi jemaah haji  saat mereka menunaikan rangkaian ibadah haji di tanah suci Mekkah,  mengalami batuk dan pilek akibat perubahan cuaca di Arab Saudi pada saat itu.

"Mereka umumnya saat di Arab Sudi rata-rata mengalami batuk dan pilek, karena perubahan cuaca di sana. Kita juga menganjurkan kepada jemaah haji, beberapa waktu ke depan agar periksa kesehatan, untuk tindak lanjut kesehatan jamaah haji jangan dibiarkan," saran Suyanto saat dijumpai Posbelitung.co Minggu  (24/8/2019).

Mengenai kabar  hujan lebat dan terjadi banjir di Arab Saudi, diakuinya memang benar terjadi hujan dan guntur, Namun untuk tenda atau pondok Jemaah Haji Kabupaten Belitung tidak terkena banjir.

"Alhamdulillah, tenda atau pondok para jamaah haji kita ‎berada di dataran tinggi, sehingga tidak terkena banjir disana, " katanya.

Harapannya untuk para Jemaah Haji Kabupaten Belitung yang telah melakukan ibadah haji, semoga apa yang telah dilaksanakan rukun, sunah dan wajib ibadah haji dapat diterapkan di masyarakat.

"Semoga apa yang di dapatkan di ibadah haji agar di terapkan di masyarakat, ‎dalam hal ini kehidupan di masyarakat, berumah tangga dan aktivitas sosial," harapnya.

Mengenai oleh-oleh, para jemaah haji hanya dapat membawah 32 Kilogram ukuran tas besar, sedangkan tas tentengan seberat tujuh kilogram.

"Yang boleh di bawa 32 kg tas besar, ukuran tas tentengan tujuh kilogram, dan air zam-zam sebanyak lima liter per orang, tapi nanti sampainya, saat ini koper para jamaah dalam perjalanan, diperkirakan datangnya, malam Selasa atau malam Rabu," ucapnya.‎ (Posbelitung.co /Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved