Berita Belitung

16 Peserta Mengikuti Pelatihan Pemandu Wisata.

Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan program pemandu wisata

16 Peserta Mengikuti Pelatihan Pemandu Wisata.
posbelitung.co /Yuranda
Peserta BLK yang Mengunjungi Musium Tanjungpandan, Rabu (9/10/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan program pemandu wisata yang diselenggarakan oleh Rumah Bahasa Kabupaten Belitung. Sebanyak 16 peserta yang mengikuti program tersebut.

Agus Pahlevi satu diantara trainer pemandu wisata, mengatakan program pemandu wisata ini dari BLK Provinsi melalui rumah bahasa. Ia mengharapkan dengan adanya program ini bisa muncul dan pemandu wisata baru yang berkualitas, dikarenakan latar belakang mereka (peserta) juga kebanyakan dari alumni SMK Pariwisata.

"Kita juga belum ada lembaga khusus untuk pemandu dan melalui BLK ini untuk agar melahirkan pemandu wisata yang luar biasa dan program ini sangat mendukung. Di tambah lagi dengan adanya penerbangan internasional saat ini," kata Agus.

Dengan adanya rute ke luar negeri sehingga pemerintah mempersiapkan hal itu dari sekarang, tambahnya jadi saat tiba waktunya pemandu wisata sudah siap.

"Program pelatihannya selama satu bulan untuk waktunya full dari senin sampai sabtu. Mereka sudah mengikuti pelatihan hampir dua minggu lebih, tanggal 20 Oktober ini terakhinya," ujarnya.

Setelah keluar dari BLK ini, mereka akan diajarkan untuk membangun koneksi atau net working ke travel agen. Dan travel agen akan kerja sama dengan mereka dalam hal pemandu wisata.

"Mereka juga kami himbau untuk bergabung di Asosiasi Kepemanduan himpunan pramuwisata indonesia (HPI). Harapannya, karena ini program pemerintah tidak hanya sampai disini, karena kami mempunyai potensi yang luar biasa. Agar bisa di kembangkan dan pariwisata dapat berdampak kepada masyarakat lokal," ucapnya.

Tambahnya, salah satunya menciptakan sumber daya manusia yang profesional melalui masyarakat lokal. Kalau masyarakat sudah profesional di bidangnya dan akan diserapan tenaga kerja di industri pariwisata.

"Ini sangat luar biasa dampak langsung kepada masyarakat. Sehingga masyarakat sudah merasa dampak yang luar biasa itu, tanpa susah paya masyarakat bergerak sendiri," ujarnya.

(posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved