Breaking News:

Berita Belitung

Kemdikbud Berharap Jangan Sampai Bahasa Daerah Punah

Kemendikbud diamanatkan agar bekerjasama dengan pemerintah daerah agar melindungi bahasa daerah

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud RI saat menandatangani nota kesepahaman bersama Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah saat Festival Literasi di Hotel Billiton, Tanjungpandan, Senin (21/10/2019). 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud Republik Indonesia, Dadang Sunendar mengatakan pihaknya diamanatkan agar bekerjasama dengan pemerintah daerah agar melindungi bahasa daerah, maka sejauh ini pihaknya telah mengidentifikasi sebanyak 718 bahasa daerah di Indonesia. Artinya ada kenaikan hingga 51 bahasa daerah dibandingkan tahun sebelumnya.

"Ini belum selesai, di Papua saja ada 428 bahasa. Di Bangka Belitung, mohon jangan sampai ada bahasa daerah yang punah. Pada Undang-undang 24 tahun 2009 disebutkan kalau Bahasa Indonesia merupakan kewajiban pemerintah pusat, sedangkan bahasa dan sastra daerah wajib dilindungi dan dibina oleh pemerintah daerah," jelas Dadang, Senin (21/10/2019).

"Informasi yang masuk ke kami, bahasa di sini termasuk kategori aman," kata Dadang.

Makanya, lanjut dia, ada slogan yang harus selalu dipegang masyarakat. Slogan tersebut adalah utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing.

Menurutnya ini adalah urutan yang tidak boleh dibolak-balik, karena sumpah bahasa itu penting bahkan masuk dalam butir-butir Sumpah Pemuda. Negara pun wajib hadir di ruang publik dalam bentuk bahasa.

Pihaknya pun telah mendirikan kantor bahasa yang tersebar di tiap provinsi di Indonesia. Tujuannya agar membantu pemerintah daerah, karena bicara literasi bisa bicara apa saja termasuk bahasa.

"Tugas badan kami untuk menegakkan Bahasa Indonesia, yang menjadi pemersatu dari Sabang-Merauke. Penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik harus diupayakan, karena itu ruh kita semua," tuturnya.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved