Berita Belitung

Ada Lima Pulau di Belitung Masuk Zona Inti RPZ Kawasan Konservasi Perairan

erdapat lima Pulau kecil di wilayah perairan Kecamatan Selat Nasik dan Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung masuk dalam zona inti

Ada Lima Pulau di Belitung Masuk Zona Inti RPZ Kawasan Konservasi Perairan
Istimewa
Ada Lima Pulau di Belitung Masuk Zona Inti RPZ Kawasan Konservasi Periaran 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Terdapat lima Pulau kecil di wilayah perairan Kecamatan Selat Nasik dan Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung masuk dalam zona inti atau garis merah Rencana dan pengelolaan zonasi (RPZ) pencadangan kawasan konservasi perairan Kabupaten Belitung.

Lima pulau tersebut yaitu Pulau Kalambau, Pulau Selema dan Pulau Bangkai yang berada di Kecamatan Selat Nasik. Sedangkan di Membalong yaitu Pulau Pelemah dan Pulau Tupai. Dari lima pulau tersebut memiliki total luas 9.685,42 hektar.

"Kenapa zona inti, untuk melindungi ekosistem biota perairan disana. Disanakan ada terumbu karang, ada penyu, ikan napolion, ada kima. Itu semua harus dilindungi," kata Kasi Konservasi dan Rehabilitasi Ekosistem Pesisir dan Laut DKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wawan Riduan kepada posbelitung.co, rabu (6/11/2019).

Di zona inti tersebut, kata dia, memiliki nilai ekosistem dan biota luat yang sangat tinggi sekali. Sehingga zona ini harus betul - betul di jaga dan dilapisi area tersebut dengan zona zona perikanan berkelanjutan.

"Jadi ketika nelayan menangkap ikan, bukan langsung di zona inti, tapi di zona berkelanjutan dulu. Zona inti ini ibarat Bank, kita menabung dulu di zona inti ini, dan cukup bunga nya saja yang di ambil nelayan. Bunga nya itu di zona perikanan berkelanjutan, kalau langsung kita ambil tabungan di Bank bisa habis nanti," jelasnya.

Berikut rincian luasan zona inti di lima pulau :
- Pulau Kalambau : 4709,52 hektar
- Pulau Pelembah : 780,06 hektar
- Pulau Tupai : 2196,96 hektar
- Pulau Selema : 1433,20 hektar
- Pulau Bangkai : 565,68 hektar.

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved