CPNS 2019

Khusus Disabilitas Ada Kuota Khusus Rekrutmen CPNS

Sebagai bentuk perhatian khusus, pemerintah juga menyiapkan kuota khusus disabilitas pada rekrutmen CPNS.

Khusus Disabilitas Ada Kuota Khusus Rekrutmen CPNS
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung, Sahani Saleh 

POSBELITUNG.CO - Peringatan disabilitas harus menjadi momen agar tidak ada diskriminasi bagi anak berkebutuhan khusus. Selanjutnya ini harus menjadi perhatian dan kepedulian dari semua kalangan. Hal tersebut disampaikan Bupati Belitung Sahani Saleh, Selasa (3/12/2019).

"Mereka memiliki hak yang sama. Hak pendidikan, mereka (penyandang disabilitas) bisa bersekolah di SLB (sekolah luar biasa), pelayanan kesehatan pun sama seperti masyarakat lainnya," jelas Sanem.

Sebagai bentuk perhatian khusus, pemerintah juga menyiapkan kuota khusus disabilitas pada rekrutmen CPNS. Menurutnya, disabilitas juga bisa jadi memiliki kemampuan dalam bidang tertentu agar tetap bisa berkarir.

"Misalnya bisa saja tuna wicara, tapi ahli komputer dan jago musik, ini potensi," kata dia.

Tak hanya dalam bidang pemerintahan, kata dia, pengusaha swasta pun sudah diatur agar mempekerjakan penyandang disabilitas sesuai kemampuan dan kompetensi yang dimiliki.

Di samping itu, peringatan hari disabilitas juga mulai harus disosialisasikan ke semua pihak agar melengkapi fasilitas umum yang ramah disabilitas. Baik perhotelan maupun kantor instansi pemerintah.

"Kami juga bangun (fasilitas umum ramah disabilitas, red) di kantor kami, ke depan tangga walau tidak ada lift untuk kuris roda, sudah menyiapkan itu. Kalau untuk konsep bangunan di instansi lain saat ini memang belum optimal, otomatis ke depan harus mulai diterapkan," tuturnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved