Breaking News:

Berita Belitung

Upacara Peringatan Hari Ibu, Dandim 0414 Belitung Sampaikan Amanat Menteri PPA

Upacara peringatan Hari Ibu ke 91, Dandim membacakan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

posbelitung.co/Dede Suhendar
Suasana upacara peringatan Hari Ibu di Makodim 0414 Belitung, Senin (23/12/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kodim 0414 Belitung melaksanakan upacara peringatan Hari Ibu ke 91 di halaman Makodim Tanjungpandan, Senin (23/12/2019).

Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Indra Padnag bertindak sebagai inspektur upacara yang bertemakan Perempuan Berdaya, yang di bangun dengan melihat situasi dan kondisi Bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan, Perlakuan Diskriminatif dan lain-lain itu.

Dalam kesempatan itu, Dandim membacakan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

"Hakekat Peringatan Hari lbu setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari lbu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia," ujar Dandim dalam sambutannya.

Ia menegaskan, perempuan Indonesia masa kini merupakan perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan kesempatan yang sama dengan Iaki-Iaki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial dan sebagainya.

Begitu juga pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab Iaki-Iaki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orang tua namun perlu didukung oleh semua pihak.

Peringatan Hari Ibu diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

"Pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak sekaligus agen perubahan (agent of change)," katanya.

Menurutnya pemilihan tema Peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 ditentukan dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakukan diskriminatif dan Iain-lain.

Sehingga kondisi tersebut memerlukan berbagai strategi, keterlibatan semua unsur termasuk peran laki-laki dalam mengkampanye gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan dan pencapaian kesetaraan gender.

"Ue for She menjadi salah satu komitmen global yang harus digelorakan sampai akar rumput," pungkasnya.

(posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved