Harga Mobil Bekas Banjir Terjun Bebas, Ini Efek Buruk Beli Mobil Bekas Banjir

Toyota Avanza 2012 yang saat ini dihargai sekitar Rp 100 jutaan, jika mobil itu bekas banjir bisa turun sampai 20 persen

Harga Mobil Bekas Banjir Terjun Bebas, Ini Efek Buruk Beli Mobil Bekas Banjir
(Kompas-Agus Susanto)
Luapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan KH Abdullah Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014)(Kompas-Agus Susanto) 

POSBELITUNG.CO - Banjir bisa menyebabkan sejumlah kerugian bagi pemilik kendaraan. Selain bikin mobil menjadi rusak, juga bikin harga jual ikut anjlok. Istilahnya jangan harap bisa untung banyak kalau menjual mobil yang sudah terendam air.

Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan mobil bekas banjir jika langsung dijual, harganya bakal terjun bebas.

Menurutnya, penurunan harga tersebut bukannya tanpa alasan. Sebab kondisi pasar mobil bekas saat ini memang sedang kurang bergairah.

Ilustrasi mobil melintas genangan saat banjir Jakarta awal tahun 2020Dok. Otomotif Group Ilustrasi mobil melintas genangan saat banjir Jakarta awal tahun 2020

“Biasanya bakal diambil pedagang dengan harga di bawah pasaran. Pasar kan sedang kurang bagus, harganya pasti murah. Ditambah mobil bekas banjir, makin turun harganya,” katanya kepada Kompas.com Kamis (6/2/2020).

Ia mengilustrasikan, Toyota Avanza 2012 yang saat ini dihargai sekitar Rp 100 jutaan, jika mobil itu bekas banjir dalam kondisi sampai masuk ke kabin, bisa turun 10 sampai 20 persen.

Ilustrasi mesin mobil yang terendam banjirKompas.com/Dio Ilustrasi mesin mobil yang terendam banjir

Herjanto menambahkan, penurunan harga juga bisa terjadi meski pemilik mobil sudah memperbaiki kendaraannya. Sebab, pedagang bisa mendeteksi apakah pernah terendam banjir atau belum.

“Bisa lebih murah Rp 15 juta sampai Rp 20 juta dari harga pasaran. Meskipun sudah diperbaiki, tetap tidak bisa kembali 100 persen kan, pasti lama-lama ada saja yang tidak berfungsi normal,” ujarnya.

Mobil Mewah Bisa Lebih Anjlok

Mobil yang terendam di basement Tamani Kafe, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu (28/8/2016).KOMPAS.com/Nibras Nada Nailufar Mobil yang terendam di basement Tamani Kafe, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu (28/8/2016).

Penurunan paling parah, lanjut Herjanto, akan terjadi pada mobil premium yang sudah computerized. Contoh kendaraan seperti ini ialah Toyota Camry, Honda Civic, semua model Lexus, dan lainnya.

Halaman
123
Editor: rusmiadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved