Berita Belitung

Tidak Sesuai Karakter dan Budaya Indonesia, Cabang Dinas Pendidikan Larang Perayaan Valentine

Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung melarang perayaan Hari Valentine.

Tidak Sesuai Karakter dan Budaya Indonesia, Cabang Dinas Pendidikan Larang Perayaan Valentine
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung Adi Zahriadi, Kamis (13/2/2020). 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung melarang perayaan Hari Valentine.

Larangan ini secara resmi ditujukan pada sekolah dan siswa pasca surat yang diterbitkan Dinas Pendidikan Bangka Belitung bernomor 420/207/DISDIK pada 12 Februari lalu.

"Tidak diperbolehkan merayakan Valentine karena tidak ada urgensinya dengan pendidikan. Jadi untuk kegiatan Valentine atas pertimbangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bangka Belitung, kami pun di cabang dinas pendidikan diminta menyampaikan ke sekolah agar melarang para siswa merayakan Hari Valentine," tegas Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung Adi Zahriadi, Rabu (13/2/2020).

Selain tak ada urgensi atau kepentingan dalam perayaan hari kasih sayang tersebut, Adi juga menyebut bahwa Hari Valentine juga tidak memberikan dampak baik yang sejalan dengan pendidikan karakter bagi siswa. Juga bisa jadi tidak sesuai dengan budaya.

"Kami berupaya menanamkan nilai karakter itu hanya fokus pada hal-hal yang penting, yang tidak penting tinggalkan saja," jelasnya.

Namun mengenai sanksi, diserahkan pada masing-masing pihak sekolah, bisa berupa penghentian aktivitas yang berhubungan dengan perayaan Valentine atau peringatan maupun teguran.

Menurutnya, larangan ini tak hanya berlaku bagi siswa di lingkungan sekolah, tapi juga di luar lingkungan sekolah.

Untuk itu, ia mengimbau orang tua agar melakukan pengawasan pada anak agar tak melakukan perayaan apapun berkaitan dengan Hari Valentine.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved