Begini Tips Memang dan Melepas Masker, Jangan Ngawur!

Sejak pemerintah mengumumkan kasus virus corona pertama di Indonesia pada Senin (02/03/2020) lalu

Begini Tips Memang dan Melepas Masker, Jangan Ngawur!
Wartakota/henry lopulalan
Pedagang sedang mempersiapkan pesanan masker bagi pelanggan di Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok, Jakarta Barat. Rabu(29/1/2020). Dalam beberapa hari ini pedang sulit mendapatkan masker walaupun banyak permintaan dari pelanggan yang meninggkat karena isu wabah penyakit Corona dari Tiongkok. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

POSBELITUNG.CO-- Saat ini persediaan masker sulit diperoleh damharganya melonjak drastis. Bahkan ada yang melakukan penimbunan masker hingga menjual masker yang tak layak pakai jauh dari standar kesehatan di tengah maraknya wabah virus corona. 

Apalagi pemerintah Indonesia mengumumkan kasus virus corona pertama di Indonesia pada Senin (02/03/2020) lalu. Kondisi ini menyebabkan  permintaan masker di pasaran menjadi meningkat drastis.

Hal ini karena banyak orang yang mencoba menjaga dirinya dari penularan virus corona dengan menggunakan masker.

Padahal, penggunaan masker pada orang yang sehat tidak begitu efektif menangkal penyebaran virus corona.

Sebab, orang yang sudah memakai masker pun dapat tertular melalui cairan-cairan kecil atau droplet yang dikeluarkan oleh orang sakit.

Hal ini pun pernah ditegaskan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat ditemui di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, pada Senin (02/03/2020) lalu.

"Cara menjaga bukan dengan panik dengan paranoid khawatir namun dengan menjaga imunitas tubuh kita. Kalau sakit pakai masker. Kalau sehat tidak usah pakai masker," kata Menkes Terawan, seperti yang dilansirGrid.ID dari Antara news.

Sebaliknya, penggunaan masker justru dianjurkan untuk tenaga medis ataupun keluarga yang merawat orang sakit karena merekalah yang berinteraksi langsung dengan orang sakit.

Ilustrasi masker
Ilustrasi masker (Freepik)

Oleh karena itu, penggunaan masker perlu karena bisa menghindari penularan virus corona.

Tapi yang harus diperhatikan adalah cara memakai masker yang benar.

Halaman
123
Penulis: tidakada008
Editor: nurhayati
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved