Virus Corona di Bangka Belitung

Kondisi Membaik 2 Pasien Dipulangkan, Seluruh PDP dan OPD Covid 19 di Belitung Pernah ke Negara Ini

Seluruh pasien yang sekarang berstatus ODP atau PDP, memiliki riwayat pernah melakukan perjalanan ke local transmission dan negara - negara terjangkit

Kondisi Membaik 2 Pasien Dipulangkan, Seluruh PDP dan OPD Covid 19 di Belitung Pernah ke Negara Ini
Pos Belitung/Disa Aryandi
Direktur RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung dr Hendra. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Direktur RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung dr Hendra mengatakan, untuk perkembangan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (PDP), Kamis (19/3/2020) kini mulai mengalami perubahan kondisi tubuh alias mulai membaik.

Terutama pasien bernomor 01 hingga 05, kini sudah dalam keadaan bagus.

Hanya saja untuk pasien nomor 10, dengan status ODP, kini tetap di isolasi, lantaran pasien berjenis kelamin perempuan itu memiliki penyakit jantung.

"Jadi semua bagus dan sudah menunjukan pasien membaik. Untuk pasien - pasien ini, semua warga Belitung, hanya pasien nomor 02 yang sudah dipulangkan itu dari Belitung Timur dan pasien nomor 05, ber KTP Tanjung Priuk," kata Hendra kepada posbelitung.co, kamis (19/3/2020).

Seluruh pasien yang sekarang berstatus ODP atau PDP, memiliki riwayat pernah melakukan perjalanan ke local transmission dan negara - negara terjangkit, seperti ke Negara Singapura, Malaysia, Israel, dan Jakarta.

"Tapi rata-rata pernah melakukan perjalanan ke Malaysia. Kalau yang pasien pernah melakukan perjalanan ke Italia, itu tidak ada ataupun rujukan dari Pangkalpinang tidak ada," ujarnya.

Untuk pasien yang di isolasi dirumah atau tidak menjalani perawatan di RSUD H Marsidi Judono dengan kategori ODP, yaitu pasien nomor 02, pasien nomor 11 hingga 16.

Tujuh pasien tersebut, walaupun dipulangkan, tetap menjalani perawatan.

Teknisnya, petugas media akan memantau secara rutin ke rumah pasien.

Dan yang harus dilakukan pasien adalah mengisolasi diri, makan yang cukup, istirahat yang cukup, minum vitamin.

"Apabila nanti nya ada gejala tambahan seperti batuk dan panas, itu diminta segera datang datang ke Rumah Sakit. Ya kalau untuk pasien yang di rawat ini, kami lakukan penanganan sesuai dengan gejala. Apabila pasien ada batuk, kami berikan obat batu, antibiotik, vitamin dan memang sudah ada SOP nya," jelasnya.

Sedangkan untuk kondisi ruang isolasi sendiri, RSUD kini sudah menggunakan dua ruangan yaitu ruangan ICU dan ruangan Rambai.

Dua ruangan itu, secara keseluruhan memiliki 24 bed pasien.

"Untuk sementara ini cukup dan mudah - mudahan tidak ada penambahan. Kami juga sudah memindahkan 4 pasien di ruang isolasi baru (ruangan rambai) yang tidak ada pentilator nya, karena kondisi nya mulai membaik," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved