Update Corona

Bangka Pos dan Pos Belitung Kompak Hadapi Covid-19

Hadapi Covid-19, Bangka Pos dan Pos Belitung Kompak dengan Frontpage Kembar dan mengakampanyekan untuk memahami dan menghadapi corona

Bangka Pos dan Pos Belitung Kompak Hadapi Covid-19 - halaman-depan-corona.jpg
pos belitung
COVID-19 Pahami dan Kita Hadapi
Bangka Pos dan Pos Belitung Kompak Hadapi Covid-19 - frontpage-bapos.jpg
pos belitung
COVID-19 Pahami dan Kita Hadapi

BANGKAPOS.COM, PANGKALPINANG - Lalu lintas berita yang ada di Newsroom Bangkapos grup belakangan ini hampir didominasi dengan tema virus corona. Hampir 75 persen pemberitaan yang diolah redaksi selalu terkait dengan corona.

Situasi ini tidak bisa dielakkan. Selain memang berita tersebut yang saat ini dibutuhkan masyarakat, sebagai media yang terverifikasi, Bangka Pos Grup merasa berkewajiban untuk memberikan berita yang akurat terkait corona.

Bangkapos mencoba hadir untuk menjadi selalu menjadi verifikasi akhir yang akurat terkait informasi covid-19 agar masyarakat tidak menjadi panic.

Semakin hari, situasi atau lebih tepatnya kondisi masyarakat di Babel semakin tidak terkendali. Kepanikan muncul dimana-mana karena informasi yang simpang siur.

Sebagaimana kita tahu, saat ini semua pihak sudah berposisi menjadi publisher. Semua pihak melalui jejaring sosial media bisa menyebarkan informasi apapun. Hanya sayang, seluruh informasi tersebut tidak semuanya akurat.
Menyikapi hal ini, Bangka Pos Grup ingin mengajak masyarakat untuk tidak terjebak pada informasi yang salah apalagi menyesatkan.

Langkah pertama yang diambil adalah memastikan seluruh awak redaksi di Bangka Pos betul-betul memahami covid-19 secara menyeluruh dan juga peristilahan yang terkait dengannya.

Dengan memahami secara utuh, maka produk jurnalistik yang dilahirkan diharapkan bukan sekadar berita sampah apalagi menyesatkan.

Melihat situasi terkini dan juga kondisi psikologis masyarakat terhadap covid-19, kami juga membuat kebijakan redaksi untuk tidak lagi menggunakan istilah-istilah yang sumir yang berpotensi menimbulkan kepanikan baru.

Terakhir, pada edisi Jumat (20/3/2020) Bangka Pos dan Pos Belitung membuat desain front page atau halaman depan yang seragam.

Desain halaman depan itu hanya berisi tentang data dan informasi akurat mengenai covid-19. Data tersebut berisi tentang karakteristik virus, cara penyebaran, dan berbagai hal yang menurut Bangka Pos adalah informasi utama yang patut diketahui publik.

Dalam desain frontpage tersebut, kami sengaja tidak menampilkan narasi apapun. Bahkan Bangka Pos juga tidak sedikitpun terjebak dalam diskursus lockdown jarak sosial dan sebagainya.

Satu-satunya narasi yang muncul di halaman satu tersebut hanyalah ajakan untuk memahami utuh virus dan juga mengajak masyarakat siap untuk menghadapinya.

Kampanye ini sengaja dihembuskan lantaran sejauh ini masyarakat selalu bertanya, berapa yang sudah terjangkit, sejauh mana virus berkembang atau bagaiaman apakah daerah kita aman atau tidak?

Bangka Pos ingin mengajak masyarakat memahami secara utuh virus, kemudian menganggap virus memang bisa saja ada di sekitar kita, sehingga lebih memrioritaskan langkah yang harus dilakukan untuk mencegahnya dibanding berdebat soal lain.

Selengkapnya tentang desain kembar Bangka Pos dan Pos Belitung ini bisa disimak di edisi cetak, Jumat (20/3/2019). Pastikan kita memahami secara utuh apa itu covid-19 hingga kita bisa menghadapinya bersama-sama. (*)

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: ibnu Taufik juwariyanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved