Berita Belitung

32 Orang Mendarat di Belitung Timur, KKP dan Dinas Kesehatan Pastikan Semuanya Sehat

Sebanyak 32 orang yang baru datang dari Ketapang Kalimantan Barat mendarat di Pelabuhan ASDP Manggar Belitung Timur, Senin (30/3/2020) pagi.

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Penumpang kapal yang baru datang dari Ketapang Kalimantan Barat mendarat di Pelabuhan ASDP Manggar Belitung Timur, Senin (30/3/2020) pagi disemprot desinfektan. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Sebanyak 32 orang yang baru datang dari Ketapang Kalimantan Barat mendarat di Pelabuhan ASDP Manggar Belitung Timur, Senin (30/3/2020) pagi.

Orang-orang yang berasal dari berbagai daerah di Belitung Timur ini menumpang di Kapal Sabuk Nusantara 30.

Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Kerja Manggar Obet Tanjung mengatakan timnya bersama dinas kesehatan (dinkes), kepolisian, unsur TNI, dan satpol pp  menjemput di tengah laut karena kapalnya tidak sandar di Manggar.

"Di kapal itu tidak semuanya bertujuan Manggar. Tapi bisa kami pastikan penumpang yang turun di Manggar semuanya dalam kondisi normal," kata Obet saat ditemui Posbelitung.co usai mengurus penumpang.

Puluhan penumpang saat turun dari kapal nelayan setelah dijemput di tengah laut.
Puluhan penumpang saat turun dari kapal nelayan setelah dijemput di tengah laut. (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Pihaknya bersama Dinkes Kabupaten Belitung Timur sudah mengecek suhu tubuh di atas kapal dan hasilnya semuanya dalam suhu normal.

Selain itu, sebelum keluar pelabuhan, para penumpang dan barang bawaan disemprot disinfektan agar bakteri dan virus bisa dicegah.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Beltim Muhamad Yulhaedir mengatakan penumpang ini diwajibkan mengisolasi diri di rumahnya masing-masing selama 14 hari.

"Kami sudah meminta alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Mereka akan dipantau oleh desa dan puskesmas. Akan dikontrol secara intens supaya ketika nanti ada gejala tertentu bisa langsung ditindaklanjuti," tutur Yulhaedir.

32 orang baru datang dari Ketapang Kalimantan Barat mendarat di Pelabuhan ASDP Manggar Belitung Timur, Senin (30/3/2020) pagi.
32 orang baru datang dari Ketapang Kalimantan Barat mendarat di Pelabuhan ASDP Manggar Belitung Timur, Senin (30/3/2020) pagi. (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Saat ini para penumpang sudah dipulangkan ke rumah masing-masing namun diimbau tetap diam di rumah dan meminta bantuan keluarga agar membawa kartu kuning mereka ke puskesmas setempat. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved