Positif Corona di Belitung

Fraksi Grand DPRD Belitung: Penangan Covid-19 Harus Jemput Bola Rapid Test, Segera Rekrut Relawan

Sekarang ini tidak bisa dibuat "main - main". Puskesmas, puskesdes serta pustu, sekarang ini harus mulai mengambilkan peran lebih

Dok/Gumay
Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Belitung Syukri Gumay 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Ketua Fraksi Gerakan Amanat Demokrat (Granad) DPRD Kabupaten Belitung Syukri Gumay menanggapi satu orang positif covid-19 di negeri laskar pelangi sekarang ini, membuat perkara covid-19 tersebut, harus lebih diperketat.

Berbagai element masyarakat harus bergerak secara bersama - sama dan peranan masing - masing instansi Pemerintah harus lebih dipertajam.

Lantaran kasus tersebut, sekarang ini tidak bisa dibuat "main - main". Puskesmas, puskesdes serta pustu, sekarang ini harus mulai mengambilkan peran lebih.

Sehingga memutuskan mata rantai penyebaran covid -19 secara bisa maksimal dilakukan.

"Ini tidak boleh di anggap main - main lagi, soal nya sudah ada yang positif. Ya saya minta kepada Pemerintah, puskesmas ke bawah harus bergerak, jangan hanya menunggu saja orang datang untuk melapor atau datang ke rumah sakit untuk melakukan pengecekan," kata Gumay kepada Posbelitung.co, selasa (31/3/2020).

Apabila hanya mengandalkan masyarakat untuk melapor atau melakukan pengecekan secara sendiri, dengan datang ke RSUD H Marsidi Judono Belitung dinilai kurang effectif.

Ia menyarankan, agar dilakukan jemput bola kepada masyarakat langsung.

"Jadi semua bergerakan ke bawah setiap hari, cek semua secara massal, itu yang perlu sekarang. Jika SDM kita kurang untuk terjun ke lapangan, rekrut relawan dari mahasiswa akper maupun AMB, atau yang baru lulus akper, tapi belum bekerja atau mahasiswa yang dari luar yang ingin jadi relawan," ujarnya.

Relawan - relawan ini, lanjut dia, berfungsi untuk mengecek kesehatan masyarakat dari RT ke RT secara mobile.

Terutama pengecekan yang standar dilakukan, seperti pengecekan suhu tubuh maupun mencatat riwayat penyakit masayarakat dan riwayat perjalanan orang tersebut.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved