Breaking News:

Tips

Panduan Cara Membedakan Daging Sapi, Daging Babi dan Daging Celeng, dari Warna hingga Tekstur

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati saat berbelanja daging

KONTAN/CHEPPY A MUCHLIS
Ilustrasi penjualan daging sapi 

POSBELITUNG.CO--Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati saat berbelanja daging untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Menurut Gin Gin, hal tersebut harus tetap dilakukan lantaran dikhawatirkan masih ada oknum yang mengoplos daging sapi dengan daging celeng seperti yang terjadi di Kabupaten Bandung.

"Saya kira yang di Kabupaten Bandung itu bukan babi (ternakan), karena babi itu harganya hampir sama dengan daging sapi, tapi kalau celeng memang lebih murah," ujar Gin Gin Ginanjar, saat dihubungi, Selasa (12/5/2020).

Gin Gin menjelaskan, dalam kondisi normal secara kasat mata perbedaan daging sapi, babi dan celeng akan sangat terlihat jelas dan mudah dibedakan.

Tapi, kata dia, yang terjadi di Kabupaten Bandung adalah daging-daging celeng tersebut dicampur dengan boraks dan dibekukan sehingga warnanya menyerupai daging sapi.

"Dari sisi penampakan kalau kondisi normal sangat kelihatan," katanya.

Untuk membantu masyarakat membedakan ketiga daging tesebut, Gin Gin merinci perbedaannya yakni, pertama daging sapi dari segi warna, daging sapi memiliki warna merah tua, dengan serat daging kasar dan rapat.

Kemudian tekstur daging sapi relatif lebih kenyal dibanding daging celeng dan babi.

"Jadi kalau ditekan oleh jari, nanti daging sapi itu akan kembali lagi. Lalu, lemak daging sapi tebal dan keras dengan bau khas sapi," ucapnya.

Kedua, daging babi memiliki warna fisik berwarna merah pucat dengan serat daging halus dan renggang.

Kemudian teksturnya lebih lunak dibanding dengan daging sapi serta lemak daging tebal dan lunak, berbau amis.

Sedangkan daging celeng umumnya berwarna merah muda, akan sangat kontras bila dibandingkan dengan daging sapi.

Serat daging celeng relatif lebih kasar bertekstur lunak dengan lemak daging yang lebih tipis dan dari segi aroma daging celeng lebih amis dan anyir.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Penting Buat Ibu-ibu, Begini Cara Bedakan Daging Sapi, Babi dan Celeng,

Editor: Khamelia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved