Virus Corona di Belitung

Alat TCM untuk Pengujian Swab di RSU Marsidi Judono Sudah Bisa Digunakan, Uji Perdana Delapan Sampel

Sebanyak delapan sampel milik empat Orang Dalam Pemantauan (ODP), Jumat (22/5/2020) sore sudah dilakukan pengujian dengan menggunakan alat TCM

Dok/RSUD Marsidi Judono
Tim Medis RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, Jumat (22/5) ketika mengoperasionalkan alat TCM. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Sebanyak delapan sampel milik empat Orang Dalam Pemantauan (ODP), Jumat (22/5/2020) sore sudah dilakukan pengujian dengan menggunakan alat TCM Gen Expert di laboratorium biomedis RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung.

Delapan sampel itu milik pasien nomor 921, pasien nomor 923, pasien nomor 930, dan pasien nomor 931.  Empat orang ini, awalnya dari hasil rapid test dinyatakan reaktif.

"Tadi kami sudah mengoperasikan alat itu, dan sudah kami lakukan pengujian swab dengan alat TCM. Jadi alat TCM ini sekarang sudah running," jelas Direktur RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung dr Hendra kepada Posbelitung.co, Jumat (22/5/2020).

Namun untuk hasil dari penggunaan alat TCM ini, tim medis RSUD masih menunggu dari pemerintah pusat. Rencana akan di umumkan besok sore.

"Untuk hasilnya kami masih menunggu realisasi dari pusat. Insyaallah tunggu rilis besok jam 3 atau jam 4 sore ya. Tapi untuk alat nya sekarang sudah bisa difungsikan," bebernya. 

Suasana gedung SKB Kabupaten Belitung, senin (27/4/2020) sebagai tempat karantina ODP
Suasana gedung SKB Kabupaten Belitung, senin (27/4/2020) sebagai tempat karantina ODP (posbelitung.co/Disa Ayandi)

Dua ODP Baru Pulang dari Bangladesh

Terdapat dua orang di Kabupaten Belitung sekarang ini sedang dalam pengawasan Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19. 

Dua orang itu merupakan warga Kelurahan Pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan yang baru pulang berpergian dari Negara Bangladesh.

Saat pulang ke Tanjungpandan, dua orang ini telah menunjukkan persyaratan penerbangan dari Jakarta ke Belitung, dengan hasil uji swab PCR di Jakarta negatif. Namun setelah dilakukan rapid test darah serum di RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, kedua orang itu memiliki hasil berbeda.

"Keduanya ditemukan hasil reaktif, sehingga diputuskan dilakukan swab ulang untuk uji PCR. Rencana nanti dilakukan di laboratorium biomedis RSUD (RSUD H Marsidi Judono Belitung," jelas Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Belitung H Sahani Saleh (Sanem) kepada Posbelitung.co, Jumat (22/5/2020).

Halaman
123
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved