Breaking News:

Pilkada Belitung Timur 2020

Panwaslu Kecamatan dan Desa di Belitung Timur Mulai Diaktifkan Kembali Hari Ini

Jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa kembali diaktifkan mulai hari ini, Minggu (14/6/2020).

Penulis: Suharli | Editor: Dedi Qurniawan
posbelitung/suharli
Ketua Bawaslu Belitung Timur, Wahyu Epan Yudhistira. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa kembali diaktifkan mulai hari ini, Minggu (14/6/2020).

Sebelumnya mereka sempat dinonaktifkan pada bulan Maret lalu karena penyelenggaraan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur Tahun 2020 terhenti sementara akibat pandemi covid.

Ketua Bawaslu Belitung Timur, Wahyu Epan Yudhistira menyampaikan sesuai Surat Edaran Ketua Bawaslu RI Nomor: 0197/K.BAWASLU /TU.00.01/VI/2020, agar mengaktifkan kembali Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa sebelum tanggal 15 Juni 2020.

"Kami melakukan proses verifikasi cepat terkait masih Memenuhi Syarat (MS) atau sudah Tidak Memenuhi Syarat (TMS) mereka, mengacau pada awal pembentukan mereka. Artinya ada beberapa syarat yang harus dipastikan kembali keterpenuhannya," ujar Epan kepada posbelitung.co, Minggu (14/6/2020).

Dia menambahkan, dari semalam, Sabtu (13/6) Bawaslu Beltim sudah mempublikasikan melalui media sosial Bawaslu Beltim terkait masukan dan tanggapan dari masyarakat.

"Jadi jika masyarakat mengindikasikan ada jajaran adhoc kami yang diduga berafiliasi dengan parpol atau bakal calon yang akan mengikuti Pilkada Kabupateb Beltim Tahun 2020 yang sebentar lagi, agar menginformasikan ke Bawaslu Belitung Timur," ujarnya.

Epan menyatakan, pada Minggu (14/6) ini pihaknya juga sudah bersurat ke Polres Belitung Timur, terkait permohonan masukan dan informasi atas nama-nama jajaran adhoc Bawaslu Beltim selama proses pe-nonaktifan beberapa waktu lalu.

Secara administrasi Bawaslu Beltim juga telah meminta jajaran adhoc agar membuat surat pernyataan terkait kesediaan mereka untuk diaktifkan kembali.

Dari unsur Anggota Panwaslucam ada sebanyak 21 orang Se- Beltim, masing-masing kecamatan terdiri dari tiga unsur pimpinan,dimana di Beltim ada sebanyak tujuh kecamatan, sedangkan untuk Panwaslu Desa ada sebanyak 39 orang, sesuai dengan jumlah desa yang ada di Beltim. (posbelitung.co/suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved