Breaking News:

Ayo Ikutan, Mahasiswa Kampus Keagamaan Negeri Bisa Dapat Keringanan Biaya UKT, Begini Caranya

Kabar baik buat para mahasiswa yang kuliah di kampus keagamaan negeri atau perguruan tinggi keagamaan negeri (PTKN).

Muharom Gani Irwanda, mahasiswa ITS
Muharom Gani Irwanda, mahasiswa ITS yang mengerjakan skripsi dengan tebal 3.045 halaman. 

POSBELITUNG.CO -- Kabar baik buat para mahasiswa yang kuliah di kampus keagamaan negeri atau perguruan tinggi keagamaan negeri (PTKN).

Adapun kabar baik tersebut yakni, mahasiswa di universitas keagamaan negeri bisa mendapatkan keringanan biaya UKT ( uang kuliah tunggal ).

Diketahui, Kementerian Agama ( Kemenag ) telah mengeluarkan aturan tentang keringanan biaya UKT PTKN 2020/2021.

Aturan keringanan biaya UKT PTKN tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 515 tahun 2020 tentang Keringanan UKT (Uang Kuliah Tunggal) Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) atas Dampak Bencana Wabah Covid-19.

KMA yang mendasari keringanan biaya UKT PTKN 2020/2021 ditandatangani oleh Menteri Agama pada 12 Juni 2020 dan langsung berlaku efektif.

Main TikTok Berujung Maut, Siswi SMP Tewas Kesetrum Setelah Ambil HP yang Jatuh di Kabel

Plt Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, terbitnya KMA tentang keringanan biaya UKT PTKN 2020/2021 ini sebagai respon atas dampak yang dialami mahasiswa universitas keagamaan negeri akibat pandemi Covid-19.

Dampak itu berupa melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional yang telah mengakibatkan penurunan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai.

Hal itu berpotensi menghambat kelancaran pembayaran biaya UKT PTKN 2020/2021.

KMA ini terbit untuk meringankan beban mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai dan untuk memastikan kelancaran pembayaran biaya UKT PTKN 2020/2021.

"Dengan begitu, keringanan biaya UKT PTKN 2020/2021 ini diharapkan dapat meminimalisir angka putus kuliah mahasiswa pada PTKN,” kata Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/6/2020).

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved