Breaking News:

Begini Cara Membedakan Sakit pada Anak karena Gejala Alergi dan Terjangkit Covid-19

Gejala-gejala pasien terjangkitvirus corona (covid-19), mirip dengan gejala alergi pada anak, baik itu alergi karena cuaca atau makanan.

Shutterstock
i LUSTRASI ALERGI 

POSBELITUNG.CO -- Gejala-gejala pasien terjangkit virus corona atau covid-19, mirip dengan gejala alergi pada anak, baik itu alergi karena cuaca atau makanan.

Adapun beberapa gejala yang hampir mirip, di antaranya adalah peradangan di bagian saluran pernapasan seperti batuk dan pilek.

Lalu bagaimana membedakan sakit pada anak karena alergi dan karena covid-19?

Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes. – Konsultan Alergi dan Imunologi Anak menjelaskan yang pertama perhatikan waktu batuk dan pilek pada anak.

Kalau batuknya muncul hanya pada malam hari itu dikarenakan alergi tapi kalau batuk dan pileknya karena covid-19 muncul sepanjang hari.

Setelah Presiden Marah-marah, Jokowi Minta Jajarannya Siapkan Terobosan Baru Penanganan Covid-19

"Jadi membedakannya batuk pilek terjadi sepanjang hari covid-19 kalau alergi pada malam hari saja," ucap dr. Budi saat webinar Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju, Senin (29/6/2020).

Kemudian bisa dibedakan juga dari tekstur ingus dan dahak yang dikeluarkan anak yaitu lebih kental dan berwarna kalau disebabkan oleh infeksi covid-19.

Sedangkan ingus maupun dahak akibat alergi pada anak tidak berwarna dan lebih encer seperti air yang keluar satu waktu saja malam atau pagi hari.

Dr. Budi juga memberikan tips anak yang sakit karena infeksi seperti covid-19 akan disertai dengan kenaikan suhu badan atau demam. Sedangkan pada alergi suhu badan normal saja tidak diikuti kenaikan suhu badan sama sekali.

"Jadi gini cara gampang membedakannya kalau infeksi (covid-19) itu disertai dengan demam, alergi tidak ada demam," ungkap dr. Budi.

Halaman
12
Penulis: tidakada008
Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved