Breaking News:

Berita Belitung

Pekan Ini Express Bahari 3E Kembali Berlayar dengan Protokol Kesehatan, Ini Syarat Calon Penumpang

Setelah 4 bulan berhenti akibat pandemi Covid-19, jasa pelayaran kapal cepat Express Bahari 3E rute Tanjungpandan-Pangkalbalam akan kembali beroperasi

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Dedi Qurniawan
IST
Caption Kapal Express Bahari 3E 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Setelah empat bulan berhenti akibat pandemi Covid-19, jasa pelayaran kapal cepat Express Bahari 3E rute Tanjungpandan-Pangkalbalam akan kembali beroperasi.

Berdasarkan jadwal, kapal akan berlayar pada Jumat (24/7/2020) dari Tanjungpandan pukul 09.00 WIB dan dari Pangkalbalam pada Sabtu (25/7/2020) pukul 13.00 WIB one way sekali seminggu dengan menerapkan protokol kesehatan dan physical distancing.

"Untuk di kapal tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu psycal distancing dengan kapasitas angkut maksimal 50 persen" ujar Pimpinan PT Inti Sakti Makmur Cabang Tanjungpandan Ivan Febrianto kepada posbelitung.co, Minggu (19/7/2020).

Ia menjelaskan terdapat beberapa persyaratan bagi penumpang yang ingin berangkat, mulai dari menunjukan hasil rapid test.

Ivan menyarankan khusus penumpang bisa melakukan rapid test di RS Bhakti Timah dengan biaya Rp 140 ribu atau memanfaatkan layanan di pelabuhan dengan biaya Rp 145 ribu dengan menunjukan invoice pembelian tiket.

Kemudian, penumpang juga mengisi data kesehatan pada aplikasi EHAC yang bisa didownload di smartphone masing-masing.

Ditambah mengenakan mengenakan masker serta menyiapkan fotokopi identitas diri untuk divalidasi oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan.

"Jika hasil rapid test reaktif, maka calon penumpang bisa mengembalikan tiket maksimal sampai hari keberangkatan tanpa potongan. Tapi jika lewat maka tiket dinyatakan hangus," ungkap Ivan.

Menurutnya jam keberangkatan berubah seperti dari Tanjungpandan pukul 09.00 WIB dan operasional sementara ini masih one way.

Hal ini dikarenakan adanya proses rapid test beserta validasi oleh petugas KKP setempat.

Dirinya berharap masyarakat bisa terbantu dengan operasional kembali Express Bahari 3E. Bahkan jika kondisi penumpang stabil, maka jadwal akan ditambah menjadi dua atau tiga kali seminggu.

"Harapan kami sebagai operator agar Surat Edaran Gubernur Babel bisa dicabut dan penumpang bisa bebas rapid test. Karena rute ini termasuk dalam kawasan agloremasi seperti cabang-cabang kami lainnya yang sudah beroperasi normal dalam masa new normal ini," ungkap Ivan.

Sementara itu, harga tiket dibandrol mulai dari Rp 202 ribu kelas executive dewasa san Rp 152 anak-anak. Lalu, kelas VIP dibandrol Rp 232 ribu dewasa dan anak-anak Rp 182 ribu.

Khusus penumpang bayi usia 0-2 tahun cukup membayar Rp 50 ribu. (posbelitung.co/dede s)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved