Breaking News:

Berita Belitung Timur

KPU Belitung Timur Tunda Pencoklitan Pada Pasien Positif Covid-19 dan Keluarganya

KPU Beltim juga akan segera berkoordinasi dengan gugus tugas bagaimana caranya untuk mencoklit saat masa pandemi ini.

posbelitung.co/suharli
Ketua KPU Belitung Timur, Rizal, Senin (20/7/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - KPU Belitung Timur dalam hal ini Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang sedang melangsungkan tahapan coklit diminta untuk tetap mengutamakan protokol kesehatan saat bertugas.

Hal ini disampaikan terkait adanya kasus positif covid-19 warga kecamatan Manggar,

Ketua KPU Belitung Timur Rizal mengaku sudah mengatahui siapa saja pemilih yang berada dalam rumah pasien covid-19 melalui kartu keluarganya. 

"Kalau tidak salah  ada tiga pemilih, terdaftar, nah kami melalui Divisi Perencanaan Program dan Data sudah memetakan TPS mana yang memang bersangkutan itu tinggal, nah melalui beliau sudah kami instruksikan untuk mem- pending dulu untuk mencoklitnya, kami menunggu perkembangan situasi yang ada karena kan masa pencocokan dan penelitian ini kan selama satu bulan," ujar Rizal kepada posbelitung.co, Senin (20/7/2020).

KPU Beltim juga akan segera  berkoordinasi dengan gugus tugas bagaimana caranya untuk mencoklit saat masa pandemi ini.

"Tetapi pada intinya untuk sementara coklit di keluarga tersebut kami tunda dulu menunggu situasi yang kondusif, atau perkembangan beberapa hari kedepan misalnya sudah negatif yah bisa kami lakukan coklit," ujarnya.

KPU Beltim juga akan berkoordinasi ketika dinas kesehatan atau melalui gugus tugas akan mentracking kepada siapa-siapa saja. 

Rizal mengaku KPU membutuhkan informasi itu, karena ketika yang di-tracking itu misalnya diisolasi di rumah sakit atau tempat yang sudah disediakan, maka itu tidak akan menjadi masalah karena PPDP tidak akan berkunjung ke sana.

"Tetapi kalau ada yang diisolasi mandiri tentunya kami akan melakukan prosedur pelaksanaan pencoklitan yang sangat ketat, itu kalau memang misalnya kami sudah tau siapa orangnya," ujar Rizal.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Belitung Timur, Wahyu Epan Yudhistira mengatakan, disiplin penerapan protokol kesehatan tidak bisa lagi dianggap remeh dan mutlak harus dipenuhi seluruh penyelenggara baik itu jajaran Bawaslu Beltim mau pun KPU Beltim. 

"Jadi protokol kesehatan wajib dipenuhi, tidak hanya di lokasi yang ada kasus covid-19, tetapi di semua lokasi tempat pelaksanaan pencoklitan ini," ujarnya. (posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved