Pandemi Virus Corona di Bangka Belitung

Dua Warganya Positif Corona, Camat Panggil Seluruh Kades di Manggar

Camat menginstruksikan kepada seluruh kepala desa agar memantau seluruh aktifitas warganya yang pernah berkontak dengan pasien covid-19

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Hendra
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Camat Manggar Amirudin saat mengumpulkan para kepala desa se-Manggar di ruangannya, Jumat (24/7/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Camat Manggar Amirudin mengumpulkan seluruh kepala desa untuk membahas terkait penyelesaian dua warganya yang terkonfirmasi positif covid-19.

Saat ini dua pasangan suami istri yakni S (51) dan RA (51) terkonfirmasi positif covid-19 dan sedang menjalani masa isolasi. 

Amirudin menginstruksikan kepada seluruh kepala desa agar memantau seluruh aktifitas warganya yang pernah berkontak dengan pasien covid-19 tersebut.

"Kepada mereka yang pernah berinteraksi langsung terhadap orang tersebut maka untuk segera melaporkan dan memeriksakan kesehatannya kepada Puskesmas terdekat, kepada gugus di kecamatan, ataupun kepada desa untuk kita tindak lanjuti langkah-langkah yang konkrit sebagai antisipasi," jelas Amirudin di ruangannya, Jumat (24/7/2020).

Ia melanjutkan terkait dengan aktifitas sehari-hari kedua orang ini sering berkontak dengan banyak orang.

Ia menilai perlu adanya pengawasan yang ketat dan menelusuri orang-orang yang pernah bertransaksi dengan mereka.

"Dampak sepertinya agak luas karena ada transaksi ekonomi di situ, mereka ada usaha. Yang bersangkutan juga ada keterbatasan memori siapa saja yang pernah berkontak dengan mereka. Jadi kami minta ke masyarakat agar segera memeriksakan diri dan bisa bekerjasama," kata Amirudin.

Lebih lanjut, Amirudin menyampaikan pihaknya bekerjasama dengan tim kabupaten akan melakukan pemantauan satu dua jam sekali karena yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

"Termasuk dalam pemenuhan kebutuhan sehari-harinya," katanya.

Menurutnya, melihat kondisi dan tren angka positif yang terus naik dimungkinkan untuk mengetes swab secara massal di tempat-tempat umum supaya penyebarannya bisa dicegah agar tidak lebih meluas.

"Kami juga koordinasi dengan Dinas Kesehatan dimungkinkan melakukan tes swab secara massal di tempat publik seperti pasar," kata Amirudin.

Amirudin kembali meminta masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan supaya penyebaran virus corona ini bisa terhenti.

"Tetapi bagaimana kita membentengi diri kita supaya kita betul-betul bisa disiplin menaati protokol kesehatan. Ikuti betul imbauan pemerintah gunakan masker, cuci tangan, memakai masker, dan tidak berada pada tempat kerumunan orang. Kalau seandainya mereka sakit dan batuk ya tolong jangan keluar rumah. Kalau mau keluar rumah tolong dalam konteks betul-betul penting untuk akses ekonomi, untuk akses kesehatan, dan proses pendidikan, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," imbaunya.

Diisolasi

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved