Breaking News:

Erdogan Turut Dalam Salat Jumat dan Doa Perdana di Hagia Sophia Setelah Dikonversi Menjadi Masjid

Hari ini, Jumat ( 24/07/2020) ribuan orang Turki berkumpul di dekat Hagia Sophia, dalam rangka menghadiri shalat Jumat pertama.

AFP
Erdogan membuka Masjid Agung Hagia Sophia Kamis (23/07/2020). 

POSBELITUNG.CO -- Hari ini, Jumat ( 24/07/2020) ribuan orang Turki berkumpul di dekat Hagia Sophia, dalam rangka menghadiri shalat Jumat pertama.

Dalam kesempatan itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga mengikuti salat Jumat dan doa perdana di Masjid Hagia Sophia, Istanbul, Turki.

Dilansir dari france24, Hagia Sophia adalah mahakarya arsitektur yang dibangun oleh Bizantium pada abad keenam dan memahkotai kaisar mereka. Ini telah dimasukkan dalam daftar Warisan Dunia Organisasi Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan PBB (UNESCO), dan merupakan salah satu tujuan wisata paling penting di Istanbul.

Dewan Negara, pengadilan administratif tertinggi di Turki, menyetujui, atas permintaan masyarakat, untuk membatalkan keputusan pemerintah sejak 1934 yang menyatakan bahwa situs tersebut harus dianggap sebagai museum. Segera setelah keputusan ini, Erdogan mengumumkan konversi Gereja Hagia Sophia menjadi sebuah masjid.

Keputusan untuk mengubah gereja menjadi masjid memicu kecaman di luar negeri, terutama dari Rusia dan Yunani, dan Paus Francis menyatakan "duka mendalam" atas keputusan ini.

Baim Wong Tersentil dengar Ceramah Ustadz Somad Soal Konten Sedekah: Apakah Sudah Benar Atau Belum

Dan hampir dua minggu setelah keputusan untuk mengubah situs dari museum ke masjid, diharapkan antara 700 dan seribu Muslim sekitar pukul sepuluh GMT pada shalat Jumat, di hadapan kepala negara, menurut Kepresidenan Urusan Agama Turki.

Media Turki melaporkan bahwa para pemimpin dan pejabat dari beberapa negara Muslim, seperti Qatar dan Azerbaijan, menyerukan doa ini. Sekitar dua puluh ribu petugas keamanan akan dikerahkan untuk kesempatan ini.

Sebagai bagian dari langkah-langkah untuk membatasi penyebaran epidemi Covid-19, pihak berwenang akan mengukur suhu peserta, yang masing-masing dipanggil sesuai antrian.

Tiga imam Hagia Sophia juga telah ditunjuk hari Kamis dan lima muazin dipanggil untuk azan.

Simbol Turki

Halaman
123
Penulis: Asmadi Pandapotan Siregar (CC)
Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved