Breaking News:

Berita Belitung

Ini Tips Lihat Kesehatan Hewan Kurban dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung

Kejelian diperlukan untuk mendapatkan hewan kurban yang sehat dan aman dikonsumsi

Posbelitung/Yuranda
Destika Efenly 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Destika Effenly mengingatkan masyarakat untuk jeli melihat hewan kurban, baik sapi maupun kambing.

Kejelian diperlukan untuk mendapatkan hewan kurban yang sehat dan aman dikonsumsi.

Kali pertama yang harus dilihat, yaitu fisik bagian luar hewan kurban tersebut, tidak boleh ada cacat, dan bagian mata dari hewan kurban ini harus terlihat cerah.

"Terus di sekitar lubang hidung tidak boleh ada ingus, tidak ada sakit kulit dan bulu nya harus terlihat mengkilat," ungkap Destika kepada Posbelitung.co, rabu (29/7/2020).

Jual Beli Hewan Kurban di Belitung Tahun Ini Terasa Menurun

Khusus untuk sapi, harus berusia di atas dua tahun dan kambing yang bagus untuk kurban adalah bagian gigi depan bawah tersebut sudah terlihat tua.

"Secara umum terlihat bagus lah, dan kami juga nanti ada petugas yang mengontrol hewan kurban ke pedagang secara rutin, dan kalau ditemukan yang sakit, kami minta langsung untuk di pisahkan," ujarnya.

Pada hari pelaksanaan pemotongan hewan kurban, lanjut dia, khusus untuk di Tanjungpandan, nantinya akan ada tim yang melakukan pengontrolan ke setiap surau dan masjid.

"Nah di luar dari Tanjungpandan nanti nya PPL yang keliling melakukan pengontrolan, dan kalau pun nanti ditemukan ada yang sakit atau tidak, tentu akan bisa dilihat," bebernya. (posbelitung.co/disa aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved