Breaking News:

Berita Belitung Timur

Petani Sawah Danau Nujau dan Polsek Gantung Panen 4 Ton, Dukung Ketahanan Pangan

Kapolsek Gantung Iptu Wawan Suryadinata mengatakan panen ini berhasil setelah tiga bulan berproses sejak Juni lalu.

Ist/PolsekGantung
Kapolsek Gantung Iptu Wawan Suryadinata bersama Kades Gantung Arief Kusmaryadi (Ayep) saat memanen di sawah Danau Nujau, Minggu (13/9/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Sawah seluas satu hektar berhasil dipanen petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dibantu personel Polsek Gantung bersama Kades Gantung Arief Kusmaryadi di Kawasan Persawahan Danau Nujau, Gantung, Belitung Timur, Minggu (13/9/2020).

Hasil panen tersebut mencapai empat ton gabah.

Kapolsek Gantung Iptu Wawan Suryadinata mengatakan panen ini berhasil setelah tiga bulan berproses sejak Juni lalu.

Menurutnya, hasil panen ini akan memperkuat ketahanan pangan bagi masyarakat di Gantung dan Belitung Timur umumnya.

"Covid-19 mempengaruhi hampir semua sektor, satu di antaranya pertanian. Maka kami mengupayakan membantu petani agar lebih optimal dalam memanfaatkan lahan sawahnya. Dengan hadirnya kami juga turut memberi motivasi kepada petani yang banyak gagal panen tahun ini," kata Wawan kepada posbelitung.co, Senin (14/9/2020).

Wawan bilang banyak yang gagal panen disebabkan beberapa faktor, seperti cuaca tidak menentu, kurangnya pupuk, kurangnya dolamit (karena tanah di daerah ini kadar asam agak tinggi), serta faktor hama.

Ia berharap setelah panen ini, para petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) semakin semangat dalam mengolah lahannya serta ke depannya bisa mandiri menghasilkan beras khususnya untuk konsumsi lokal, terlebih disaat pandemi ini ekonomi sedang tidak stabil.

Seiring berjalannya program ketahanan pangan ini, lanjutnya, pihaknya juga ingin agar roda ekonomi masyarakat membaik khususnya untuk masyarakat Beltim.

"Sehingga dengan percepatan pemulihan ekonomi masyarakat, tentu daya beli masyarakat juga akan kembali normal dan tatanan sosial bisa kembali pulih sebagai mana mestinya," tambahnya.

"Dari segi hasil nantinya dapat membantu terutama masyarakat yang membutuhkan. Kita harus saling bahu-membahu dan saling membantu antar sesama untuk memulihkan situasi dampak dari pandemi virus corona ini," kata Iptu Wawan.

Disela kegiatan panen, Polsek Gantung membagikan masker gratis untuk petani sekitar sembari tetap mengingatkan agar masyarakat tetap mejalankan protokol kesehatan.

"Kesehatan tetap menjadi prioritas. Jangan lupa 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," tutup Wawan. (Posbelitung.co/ BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved