Breaking News:

Berita Belitung

Stok Darah PMI Belitung Menipis

Stok golongan darah A tersisa satu kantong, darah B ada dua kantong, darah AB sebanyak dua kantong, sedangkan darah O ada tiga kantong.

posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabid Teknis Transfusi Darah PMI Belitung Hawani saat akan transfusi darah pendonor di markas PMI Jalan Sudirman, Desa Lesungbatang, Tanjungpandan, Senin (14/9/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Belitung menipis.

Tercatat pada Senin (14/9/2020), stok golongan darah A tersisa satu kantong, darah B ada dua kantong, darah AB sebanyak dua kantong, sedangkan darah O ada tiga kantong.

"Menipisnya stok darah ini bukan karena tidak ada yang donor. Yang donor banyak, tapi permintaannya lebih banyak. Bahkan satu pasien bisa sampai 10 kantong," ujar Kabid Teknis Transfusi Darah PMI Kabupaten Belitung Hawani, Senin (14/9/2020).

Menurutnya, beberapa bulan terakhir permintaan darah memang banyak. Sedangkan agenda bakti sosial donor darah belum dilakukan.

Ia bersyukur, setiap harinya tetap ada saja pendonor yang datang langsung ke markas PMI Jalan Sudirman, Desa Lesungbatang, Tanjungpandan.

Misalnya pada Agustus lalu ada 366 kantong darah yang didapatkan, ditambah 34 kantong trombosit. Sehingga total pendonornya ada 400 pendonor. Sementara hingga 13 September ini sudah ada 200 pendonor.

Hawani mengatakan, pihaknya terus berupaya memenuhi kebutuhan darah. Makanya ketika ada permintaan namun stok terbatas, keluarga pasien yang membutuhkan darah diharapkan bisa mendonor. Atau upaya lainnya yakni pihaknya menghubungi pendonor rutin yang memang sudah waktunya donor darah atau selang waktu 2-3 bulan setelah donor sebelumnya.

"Tapi ini lah, bukan tidak ada pendonor, tapi memang kebutuhannya yang banyak," tegasnya.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved