Breaking News:

Berita Belitung Timur

Seragam Satpam akan Ganti Jadi Mirip Polisi, Polres Belitung Timur Tunggu Jukrah dari Pusat

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Idham Aziz memutuskan mengubah seragam satpam menjadi mirip polisi.

Ist/Perkap
Ilustrasi seragam satpam yang baru di Perkap 4/2020. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Idham Aziz memutuskan mengubah seragam satpam menjadi mirip polisi.

Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Kapolri nomor 4 tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Atas pengubahan itu, Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo mengatakan saat ini masih menunggu petunjuk dan arahan (jukrah) lebih lanjut terkait implementasinya di daerah.

"Kami akan berkomitmen memedomani peraturan tersebut. Saya pikir peraturan itu baik-baik saja. Akan menambah kemuliaan profesi satpam dan menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas," kata AKBP Jojo kepada Posbelitung.co, Kamis (17/9/2020).

AKBP Jojo menjelaskan seragam yang baru akan disertai pangkat dan golongan serta menjadi berwarna cokelat seperti seragam polisi yang sebelumnya berwarna putih.

"Sesuai dengan Perkap 4 tahun 2020 tentang Pam Swakarsa tersebut kepangkatan terdiri dari tiga jenis yakni manajer, supervisor, dan pelaksana. Untuk mencapai pangkat tersebut harus melaksanakan pelatihan gada pratama untuk pangkat pelaksana, pelatihan gada madya untuk pangkat supervisor, dan pelatihan gada utama untuk pangkat manajer," jelas  Jojo.

Seragam satpam yang baru nantinya terdiri dari lima jenis, yaitu Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDLSus), Pakaian Dinas Lapangan Satu, Pakaian Sipil Harian, dan Pakaian Sipil Lengkap.

Jojo berharap penggantian seragam ini bisa meningkatkan jalinan kedekatan emosional antara institusi Polri dengan personel satpam.

"Semoga bisa makin meningkatkan keamanan di tengah masyarakat," harap Jojo. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved