Breaking News:

Biro Perjalanan Umrah Alihkan Bisnis Jualan Kurma, Dampak Pandemi Covid-19

Pandemi covid-19 menekan bisnisnya. Hal ini menyebabkab Alhijaz mengalihkan bisnis pada penjualan air zamzam, kurma, minyak zaitun, dan madu.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pembeli memilih kurma saat berbelanja di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (26/6/2015). 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi mengatakan bakal membuka kembali aktivitas umrah pada 4 Oktober mendatang. Hal ini, memberikan harapan pada pelaku bisnis travel umrah untuk kembali membuka pendaftaran jamaah kembali.

Direktur Operasional PT Alhijaz Indowisata, pengelola biro perjalanan umrah dan wisata Alhijaz Tour and Travel mengatakan jika benar Arab Saudi membuka kembali umrah, maka kantor Alhijaz juga akan aktif kembali melayani jamaah umrah maupun haji.

"Kalau yang kita baca kita dari situs Haramain dan keterangan Kemenag, mulai tanggal 4 oktober kegiatan umrah di Arab dibuka, namun masih untuk warga Saudia saja. Nah untuk jamaah asal Indonesia mungkin akan masuk di fase yang berikutnya yaitu tanggal 1 November 2020. Tapi ini juga  sembari menunggu pengumuman resmi dari pemerintah Saudi terkait kondisi Covid-19," jelas Dwi saat dihubungi Kontan, Jumat (25/9).

Dwi tidak menampik, pandemi covid-19 menekan bisnisnya. Hal ini menyebabkab Alhijaz mengalihkan bisnis pada penjualan air zamzam, kurma, minyak zaitun, dan madu.

"Untuk bisnis lainnya, kami juga membuat tur ke Turki, yang memang sudah dibuka sejak bulan Juli. Insyaa Allah aman karena pada tanggal 22 Juli lalu, kamu sudah survey untuk perjalanan Turki selama 8 hari 5 malam dengan 7 kota yang kita kunjungi. Alhamdulillah semuanya aman sampai kembali ke tanah air," sambung dia.

Mengingat keputusan lebih lanjut mengenai pembukaan aktivitas umroh di Arab Saudi belum lengkap, Alhijaz juga belum menerima pendaftaran umroh bagi anggota baru.

Pihaknya fokus memprioritaskan keberanglatan jamaah yang keberangkatannya tertunda selama masa pandemi. "Kami baru akan publish harga dan jadwal setelah ada kepastian buka dan aturan baru untuk umrah karena selama ini Alhijaz menjual program setelah ada block seat jadi ada kepastian berangkat," tutup dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Terdampak pandemi Covid-19, biro umrah ini alihkan bisnisnya dengan jualan kurma"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved