Ular Sanca di Tumpukan Kardus Nyaris Gigit Yulianto: Mau Dibunuh Tapi Aku Tak Tega

Julianto mengaku kaget dan lari terbirit-birit saat melihat ular itu. Pasalnya bertahun-tahun ia mengumpulkan kardus dari toko-toko se-Belitung

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
Ist.bpbdbeltim
Petugas BPBD Beltim saat mengevakuasi ular, Sabtu (14/11/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Orang-orang tiba-tiba berkerumun di Kawasan Pertokoan Klenteng, Manggar, Sabtu (14/11/2020) sore pukul 15.30 WIB. Sambil mengeluarkan gawainya untuk merekam momen itu, mereka terkaget-kaget karena ditemukan ular sanca sepanjang tiga meter tepatnya di Toko Mawar Jaya.

Penemu pertama Julianto awalnya ingin mengambil tumpukan kardus di gudang toko itu lalu menimbangnya. Saat di kardus terakhir yang akan ia timbang, pas diangkat ternyata ada seekor ular sanca.

Julianto mengaku kaget dan lari terbirit-birit saat melihat ular itu. Pasalnya bertahun-tahun ia mengumpulkan kardus dari toko-toko se-Belitung baru ini dia menemukan ular.

"Tekejut aku bang. Pas itu die la ningok aku macam nak gigit. Sampai tepelari aku saking dak sua-sua e nemu ular macam gini. Gede oh itu, adela tige meter," cerita Yulianto kepada posbelitung.co.

Ia bercerita sebelumnya ia diisengi oleh pemilik toko dengan candaan, "awas ular Yul". Dengan candaan juga, Yulianto membalasnya dengan senyum-senyum. Tapi tak disangka ternyata candaan itu menjadi nyata.

Tak berapa lama, petugas BPBD Belitung Timur langsung datang. Mereka langsung berbagi tugas untuk mengevakuasinya.

Ular itu sempat mengamuk dan hampir menggigit petugas yang berusaha menggapai kepalanya. Namun, dengan jam terbang tinggi dalam mengevakuasi hewan sejenis, serangan tersebut bisa ditangkal. Ular tersebut saat ini sudah diamankan oleh BPBD Beltim.

Kejadian penemuan ular ini juga terjadi Agustus 2020 lalu di Taman Kota Manggar. Ular berukuran tiga meter dengan diameter sekitar 14 cm jenis sanca batik ditemukan Masri, petugas kebersihan Kecamatan Manggar sekitar pukul 06.00 WIB. Saat itu, Masri sedang menyapu dan membersihkan wilayah depan Kantor Camat Manggar.

Ular tersebut berjalan ke arah area bermain anak Taman Kreasi Remaja. Masri berteriak minta tolong kepada temannya Azwar.

"War tolong ada ular," teriak Masri seperti dalam penuturan Azwar kepada posbelitung.co, Sabtu (8/8/2020) pagi.

Saat Masri meminta tolong, Azwar tengah membuka pintu Kantor Camat dan segera mendekati Masri yang teriak minta tolong.

"Aku langsung cari kayu panjang pas lihat ular itu. Aku langsung cari kawan-kawan juga, telepon BPBD dan teman-teman Koramil juga bantu. Awalnya mau dibunuh tapi aku tidak tega karena ular itu tidak berbisa," kata Azwar.

Ular itu sempat naik ke alat bermain anak-anak dan Azwar mengaku memegang ekornya agar turun dari tempat tersebut.

"Pas naik itu aku pegang ekornya terus aku bilang 'turun turun'. Akhirnya kepalanya menjulur ke bawah dan langsung dihadang pakai karung oleh teman-teman BPBD. Setelah itu langsung diikat karungnya dan dibawa oleh BPBD," kata Azwar. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved