Breaking News:

Mulai UAS Daring, Siswa Kerjakan Ujian dari Rumah

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Marwandi mengatakan ujian akhir semester (UAS) ganjil sudah mulai dilakukan

FACEBOOK/AVAN FATHURRAHMAN
ILUSTRASI -- Guru asal Sumenep, Avan Fathurrahman rela datang ke rumah siswanya untuk mengajar karena keterbatasan alat belajar online 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Marwandi mengatakan ujian akhir semester (UAS) ganjil sudah mulai dilakukan Senin (23/11/2020). Sebelumnya rencana UAS akan dilakukan tatap muka, namun menyusul kebijakan belajar dari rumah kembali diberlakukan, maka kini UAS berjalan juga turut dilakukan dari rumah.

"Sesuai hasil rapat dengan bupati bahwa sekolah belajar dari rumah mulai hari ini (Senin) sampai Sabtu. Mungkin nanti Jumat akan kami evaluasi apa akan terus belajar di rumah atau Senin (30/11/2020) akan masuk," jelasnya.

Proses UAS yang kini berjalan, kata dia, prosesnya dilakukan dari runah. Soal ujian yang sebelumnya telah dipersiapkan pihak sekolah disampaikan guru kepada orang tua. Cara ini sama halnya ketika UAS semester genap tahun ajaran sebelumnya.

Pengejaan ujian dari rumah memiliki kekurangan karena pengawasan terhadap siswa dalam mengerjakan soal. Terkait hal itu, kata dia, sistem penilaian bagi siswa bukan hanya semata mengacu pada hasil ujian saja. Tapi sekolah bisa mempertimbangkannya berdasarkan nilai tugas, ulangan harian, juga nilai lainnya.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, target kurikulum juga telah dirampingkan dengan hanya memberikan materi esensial atau pokok yang harus diketahui anak pada jenjang pendidikan tertentu.

"Jadi kurikulum disesuaikan masa pandemi ini pada kompetensi yang menjadi standar harus diketahui anak jenjang SMP. Termasuk sistem penilaian ada cara khusus, menyesuaikan karena situasi darurat akibat pandemi," tuturnya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved