Breaking News:

Berita Belitung Timur

BPBD Belitung Timur Sebut Gelombang Besar Terjadi di 5,6 Km Garis Pantai

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Belitung Timur Andre menyebutkan gelombang besar terjadi di sepanjang 5,6 kilometer pesisir pantai

Posbelitung.co/Dede Suhendar
Gelombang air laut menghempas talut pembatas di Jalan Pattimura, RT 02 RW 01, Kelurahan Tanjungpendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Minggu (6/12/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Belitung Timur Andre menyebutkan gelombang besar terjadi di sepanjang 5,6 kilometer pesisir pantai Belitung Timur.

Mulai dari pantai di wilayah Damar, pantai-pantai di Manggar, hingga berakhir di mulut muara Sungai Lenggang Gantung.

Berdasarkan pantauannya, gelombang terjadi setinggi 85-100 cm. Namun ia mengingatkan bahwa tinggi ini bisa saja lebih besar karena kondisi cuaca.

"Hari ini Rabu. Biasanya dalam perkembangannya akan berakhir pada Minggu nanti. Harus ada kewaspadaan karena akan semakin tinggi bisa sampai dua meter," kata Andre kepada posbelitung.co, Rabu (13/1/2021).

Ia mengatakan sampai sekarang belum ada laporan kerusakan terhadap fasilitas publik di sepanjang garis pantai yang terdampak gelombang besar ini.

Andre mengaku sudah menyiapkan tempat evakuasi jika nantinya diperlukan, yaitu di lapangan terdekat dan di kantor BPBD Beltim. Ia mengatakan akan berkoordinasi lebih lanjut terhadap hal ini kepada pihak terkait.

Ia mengimbau pada masyarakat nelayan maupun pemilik rumah di pesisir agar hati-hati dan menjaga diri.

"Bagi nelayan tunda dulu aktivitas melautnya sampai situasi kondusif. Bagi masyarakat agar segera mengamankan barang dan surat berharga," pesan Andre.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
 

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved