Breaking News:

Info Kesehatan

Bolehkah Penyandang Diabetes Mengonsumsi Obat Herbal? Ini Jawabannya

Beberapa tanaman yang dianggap berkhasiat ini adalah lengkuas, pare, kunyit, dan ginseng.

Grid.id
Bila penyandang diabetes ingin minum obat herbal jangan lupa obat dari dokter tetap dikonsumsi. 

POSBELITUNG.CO - Wajib menjaga pola makan agar kadar gula dalam darah tetap terkontrol dan menghindari komplikasi menjadi hal yang harus diperhatikan penyandang diabetes.

Meski harus menjaga pola makan, tidak ada metode diet khusus yang bisa secara efektif mengelola gejala diebetes.

Tubuh setiap orang berbeda-beda. Itu sebabnya, pola makan yang diterapkan pun harus sesuai dengan cara kerja tubuh agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

Di sisi lain, banyak masyarakat yang meyakini bahwa sejumlah tanaman dan obat herbal mampu mengendalikan kadar gula darah penyandang diabetes.

Beberapa tanaman yang dianggap berkhasiat ini adalah lengkuas, pare, kunyit, dan ginseng. Pahitnya pare, kata sebagian orang, bisa membantu mengontrol penyerapan gula darah di dalam usus.

Tetapi obat herbal pun harus terbukti lewat penelitian. Boleh saja pasien minum obat herbal, namun sebaiknya tetap mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Dengan kata lain, obat medis jangan dihentikan mengonsumsinya.

Apalagi obat herbal terkadang memiliki harga lebih mahal ketimbang obat medis/generik, padahal belum terbukti khasiatnya.

Apabila ingin tetap mengonsumsi obat herbal, minta saran dari dokter yang menangani diabetes kita.

Bila diizinkan, dokter akan menyarankan kapan waktu mengonsumsinya, yang biasanya tidak bersamaan dengan obat dokter.

Sebenarnya yang paling penting bagi penyandang diabetes adalah rutin memantau gula darahnya.

Kadar gula darah normal yakni di bawah 100 mg/dL. Jika berada pada angka 100 - 125 mg/dL, maka orang tersebut masuk kategori pradiabetes.Di atas angka 125, maka sudah dinyatakan sebagai penyandang diabetes.

Usahakan agar kadar gula darah berada pada kisaran normal agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan lain yang disebut komplikasi diabetes.

(*)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di GridHealth.id dengan judul Penyandang Diabetes, Bolehkah Mengonsumsi Obat Herbal? Ini Jawabannya

Editor: Rusaidah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved