Pilihan Makanan Ini Cocok Jadi Menu Sarapan untuk Bantu Turunkan Berat Badan, Yuk Simak!

Pada saat sedang ingin menurunkan berat badan, sarapan tetaplah penting. Bahkan sarapan juga bisa membantu menurunkan berat badan lo!

Editor: Novita
Bimo Wijoseno/Intisari.grid.id
Ilustrasi menimbang berat badan 

POSBELITUNG.CO - Pada saat sedang ingin menurunkan berat badan, sarapan tetaplah penting.

Bahkan sarapan juga bisa membantu menurunkan berat badan lo!

Berikut ini adalah pilihan makanan yang cocok dijadikan sebagai menu sarapan untuk bantu turunkan berat badan:

1. Telur

Ilustrasi telur ayam
Ilustrasi telur ayam (KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Karena kaya akan protein dan banyak vitamin serta mineral penting, seperti selenium dan riboflavin, telur adalah sumber nutrisi yang sangat baik.

Melansir Health Line, berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur diyakini dapat memiliki efek mengurangi nafsu makan saat dimakan dengan sarapan pagi untuk meningkatkan penurunan berat badan secara serius.

Misalnya, sebuah penelitian pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan secara signifikan dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan makanan di setelahnya, dibandingkan dengan makan roti bagel.

Demikian pula, sebuah penelitian lain pada 152 orang dewasa menemukan bahwa mengganti sarapan roti bagel dengan telur menghasilkan penurunan berat badan 65 persen lebih banyak dan penurunan lingkar pinggang 34 persen lebih besar selama periode delapan minggu.

Untuk bisa menikmati telur untuk sarapan, Anda bisa menyajikannya dengan cara apa pun, baik direbus, dibuat orak-arik, atau dibuat telur mata sapi.

Cobalah memasak dua atau tiga telur dengan gaya apa pun, lalu gabungkan dengan satu porsi sayuran favorit Anda untuk sarapan yang bergizi dan lezat.

2. Wheat germ atau mata gandum

Wheat germ atau mata gandum adalah komponen inti gandum yang mengandung sejumlah vitamin dan mineral terkonsentrasi, termasuk mangan, tiamin, dan selenium.

Mata gandum juga tinggi serat, dengan hampir 4 gram serat dalam setiap porsi 1 ons (28 gram) bahan.

Studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat dari biji-bijian sereal dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved