Breaking News:

Berita Belitung Timur

Segera Cair, Dana BOS ke Belitung Timur Bertambah

Dana BOS APBN InsyaAllah dalam waktu dekat ini akan cair itu langsung dari pusat ke sekolah-sekolah.

(Posbelitung.co/Suharli)
Kepala Dinas Pendidikan Belitung Timur Amrizal. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Ada peningkatan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang berasal dari APBN.

Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Belitung Timur, Amrizal menyampaikan berkenaan kabar dari kementrian pendidikan dan kebudayaan akan menambah dana BOS, diakui sudah menerima kabar tersebut. Peningkatan dana BOS untuk persiswa SD pertahun sejumlah Rp 40.000, sedangkan untuk persiswa pertahun SMP Sejumlah Rp 50.000.

"Dana BOS APBN InsyaAllah dalam waktu dekat ini akan cair itu langsung dari pusat ke sekolah-sekolah. Dari APBN Alhamdulillah tidak ada refocusing jadi anggaran tetap seperti biasa," ujar Amrizal kepada posbelitung.co, Senin (1/3/2021).

Penggunaan Dana BOS menurutnya juga diperioritaskan untuk penanganan covid-19, kemudian untuk tenaga pendidik seperti bantuan tenaga honor.

"Semua sekolah sudah membuat rencana anggarannya seperti itu," ucapnya.

Sementara itu Sekdin Dindik Beltim, Partono menambahkan peningkatan dana BOS APBN merupakan kebijakan dari Kementrian, sedangjan Dana BOS APBD berdasarkan kebijakan dari Kabupaten, peningkatan itu dipengaruhi tiga kreteria daerah yakni terdepan, terbelakang dan terpinggirkan.

"Jadi untuk BOS APBN tahun ini ada dua indikator pertama dihitung berdasarkan indikator kemahalan Konstruski (IKK) dan yang kedua berdasarkan Indeks Peserta Didik (IPD)," ujarnya.

Kabid SD Dinas pendidikan Belitung Timur, Alvian untuk dana BOS Belitung Timur mengalami kenaikan berdasarkan pertimbangan pemerintah pusat, untuk jenjang siswa SD sejumlah Rp 940.000 persiswa pertahun 2021, sedangkan Jenjang SMP Rp 1.150.000 persiswa pertahun 2021.

"Untuk penyaluran rencanaya tiga tahap, sesuai dengan Juknis dari pusat. Bulan Maret ini seharus sudah tersalurkan tahap satu, tapi sampai saat ini belum ada informasi, termasuk NPHD dari Provinsi ke daerah masih belum ada, mungkin terkait adanya perubahan-perubahan seperti itu, mungkin persiapan juga di pusat ke provinsi jadi belum fix," ujarnya. (posbelitung.co,suharli)

P2P:

Halaman
12
Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved