Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Percepatan Penanganan Covid-19 di Belitung Timur, Begini Konsep Dinsos PMD Beltim

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Ida Lismawati mengatakan Alokasi anggaran penanganan Covid-19

posbelitung.co
Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar bersama (tengah) bersama Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung Timur, Ida Lismawati (kiri masker hijau) saat mengikuti Webinar Percepatan penyaluran Bantuan Sosial dan Dana Desa di ruang rapat Bupati Beltim, Rabu (24/3/2021). (Posbelitung/Suharli) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Ida Lismawati mengatakan Alokasi anggaran penanganan Covid-19 yang disiapkan melalui APBDes sejumlah 8 persen sampai saat ini belum terlaksana.

Sedangkan berkenaan pada percepatan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dan bantuan langsung tunai (BLT) di Belitung Timur, dia menjelaskan BLT Dana Desa untuk warga yang terdampak Covid-19 tahap pertama sejumlah Rp300 ribu sudah disalurkan dan sedang menunggu progres laporan.

"Kalau BST kewenangan dari sana (Kemensos RI -red) penyaluran tahap pertama kepada penerima manfaat sebanyak 300 di Bulan Februari melalui kantor Pos.  Sedang BLT DD tahap pertama sudah disalurkan hanya saja untuk tahap kedua desa harus memberikan laporan progres tahap penyaluran pertama kemufian barulah tahap selanjutnya," ujar Ida Lismawati ditemui di sela Webinar Percepatan Penyaluran Bantuan Sosial dan Dana Desa di Ruang Rapat Bupati Beltim, Rabu (24/3/2021).

Menurutnya paling penting saat ini adalah penanganan Covid yang belum bisa dituntaskan. Penanganan Covid-19 yang dianggarkan melalui APBDes akan dibahas dalam rapat koordinasi yang dijadwalkan Hari Kamis (25/3/2021) nanti. Rencananya rapat koordinasi (Rakor) dipimpin Sekda dan dihadiri para camat dan kades se-Belitung Timur.

Selanjutnya, juga akan adakan rapat bersama dengan beberapa OPD berkenan penanganan Covid di Desa. Menurut Ida berkenaan pada penyaluran BLT Dana Desa sudah tepat waktu.

"Karena delapan persen dari dana desa dialokasikan untuk penanganan Covid di masing-masing desa. Prioritasnya BLT sudah disalurkan tahao pertama, karena ini selama 12 bulan dari mulai Januari-Desember selanjut masih menunggu progres tahap ke-dua dan penanganan Covid yang delapan persen," ujarnya.

Dia juga menambahkan, berkenaan pada percepatan penyaluran bantuan dinas sosial sudah memiliki konsep yang akan dipaparkan pada rapat hari Kamis (25/3/2021) nanti.

"Konsepnya nanti mereka harus punya satgas yang dibentuk di desa, edukasinya mungkin bekerjasama dengan BPBD. Kemudian bila ada pamflet sosialisasi penanganan Covid dapat dibagikan ke masyarakat, mudah-mudahan ini menjadi percepatan penanganan Covid-19," harapnya. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved