Breaking News:

Berita Belitung

Rencana Menteri KKP Kembangkan Sektor Perikanan di Belitung, Kadin Perikanan Beberkan Point Ini

Kepala Dinas (Kadin) Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri, Sabtu (27/3/2021) sudah mulai merancang berbagai rencana besar pada sektor Perikanan.

pos belitung /dede s
MENTERI Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menandatangani prasati kampung nelayan maju di Desa Suak Gual, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Jumat (25/3). 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Kepala Dinas (Kadin) Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri, Sabtu (27/3/2021) sudah mulai merancang berbagai rencana besar pada sektor Perikanan.

Rencana besar ini dirancang kembali, setelah Menteri Kelautan Perikanan (KP) Wahyu Sekti Tranggono melihat langsung potensi laut Belitung.

Ada tiga program sudah direncanakan oleh mantan Wakil Menteri Pertahanan itu.

Satu diantaranya tentang pengembangan budidaya, lantaran Belitung sekarang ini hanya dikenal memiliki budidaya ikan kerapu.

"Selain kerapu Belitung ini juga punya potensi lain, namun belum begitu bergerak, hanya saja kerapu ini dari segi eksistensi sudah ada dan sudah banyak dikenal, tapi potensi budidaya lain masih banyak," ucap Firdaus Zamri kepada Posbelitung.co, Sabtu (27/3/2021).

Khusus budidaya ikan kerapu, saat ini ada di Tanjung Rusa Kecamatan Membalong, Kecamatan Selat Nasik, dan Pegantungan Kecamatan Badau. Produksi ikan kerapu itu sangat besar, dan sudah menjangkau pasar luar negeri.

"Tapi ini sesuai keinginan pak Menteri, akan didorong kembali agar terus dikembangkan oleh masyarakat. Selain itu, ada potensi lain juga, dan sangat besar yaitu kepiting. Nah walaupun bukan milik pemerintah daerah,  tapi milik swasta, informasi nya salah satu yang terbesar di Indonesia," ujarnya.

Namun budidaya ini bukan pembesaran, tetapi hatchery. Lokasinya berada di Desa Terong, Kecamatan Sijuk.

"Itu nanti kami akan dorong, dan akan kami sosialisasikan kepada masyarakat, agar membuat budidaya pembesaran nya. Jadi hatchery itu tidak perlu dikirim ke daerah lain, cukup di daerah kita saja, kalau sudah besar baru dikirim ke luar daerah," jelasnya.

Budidaya pembesaran udang ini, kata dia, sangat memungkinkan dikembangkan di Belitung. Lantaran kondisi air sangat cocok, dan memiliki peluang pasar sangat bagus.

Halaman
123
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved