Breaking News:

Bom di Makassar

FKUB Belitung Timur Kutuk Tindakan Bom Bunuh Diri di Depan Gereja di Makassar

FKUB Belitung Timur mengutuk kejadian bom bunuh diri yang terjadi Minggu (28/3/2021) pagi di depan Gereja Kathedral Makassar, Sulawesi Selatan.

Posbelitung.co/Dokumentasi
Sekretaris FKUB Belitung Timur Ekocahyo Heppy 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Belitung Timur mengutuk kejadian bom bunuh diri yang terjadi Minggu (28/3/2021) pagi di depan Gereja Kathedral Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepada posbelitung.co, Sekretaris FKUB Belitung Timur Ekocahyo Heppy mengatakan tindakan amoral ini mengusik ketenteraman sesama umat beragama. Menurutnya jika seseorang memahami ajaran agamanya secara benar, maka bisa dipastikan orang itu tidak akan membenarkan tindakan ini.

"Di sinilah peran FKUB sebagai lembaga yang merukunkan umat beragama tanpa harus memasuki kamar masing-masing agama. Keliru kalau menganggap FKUB itu berbaur enam agama, tidak. Tetapi di FKUB saling menghargai dan toleransi dijalin dengan mengutamakan kebersamaan dalam membangun negara," ujar Ekocahyo yang juga merupakan Kepala KUA Manggar ini.

Ekocahyo bilang jika seseorang mengedepankan ego sektoral, merasa hidup sendirian tanpa menghargai pemeluk agama lainnya, dan merasa dirinya paling benar adalah sifat yang akan menghambat pembangunan.

"Konflik akan muncul salah satunya karena sikap egois pemeluk agama. Maka saat ini moderasi beragama didengungkan pemerintah agar menjalankan perintah agama dengan mengedepankan kepentingan universal tidak berpola pikir sempit," tegasnya.

Ia menyerukan kepada seluruh umat beragama agar menjaga kedamaian, kerukunan, dan toleransi di Indonesia khususnya di Belitung Timur. Ia tidak ingin kejadian serupa terjadi di Bumi Laskar Pelangi ini.

"Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan daerah kita dijauhkan dari hal-hal yang bisa mengancam kerukunan beragama," harapnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: M Ismunadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved